Nutrisi

Kenali Jenis Susu untuk Anak 1 Tahun

11-10-2019

Susu Anak 1 Tahun Mengandung Gizi Seimbang yang Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Ada banyak jenis susu anak usia 1 tahun di pasaran yang bisa Bunda pilih untuk Si Buah Hati. Hal ini mungkin membuat Bunda sedikit bingung memilih mana susu yang baik untuk Si Buah Hati.

Setidaknya, ada 2 jenis susu yang dapat dikonsumsi oleh Si Buah hati yang telah berusia satu tahun ke atas, yaitu:

1. Susu Cair atau Susu Siap Minum

Susu cair atau susu siap minum biasanya diproses dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature). Proses ini dilakukan dengan cara memanaskan susu di suhu lebih dari 130°C selama 2-10 detik dan diikuti dengan pengemasan aseptik untuk menjaga susu tetap steril. Tak hanya mematikan bakteri merugikan, proses UHT menghilangkan semua jenis mikroorganisme.

Selain UHT, susu cair juga kerap diproses dengan cara pasteurisasi, yaitu memanaskan susu pada suhu 71 derajat Celcius selama 15 detik. Proses pasteurisasi dapat membunuh bakteri merugikan seperti kuman, virus, dan jamur.

Keuntungan dari susu yang diproses dengan teknologi UHT adalah memiliki masa simpan yang lebih lama, yaitu 6-12 bulan jika kemasan tidak dibuka dan disimpan dengan baik. Dan penyimpanannya pun tidak memerlukan pendinginan atau tambahan pengawet, lho, Bunda.

Tapi masalahnya, pemanasan ultra tinggi membuat banyak orang mempertanyakan kandungan nutrisi pada susu. Apakah menjadi hilang?

Ahli diet teregistrasi Margaret McWilliams menjelaskan bahwa suhu tinggi yang digunakan dalam proses UHT dapat memecah beberapa ikatan dalam protein dan hal ini dapat memengaruhi kelarutan protein dan dampaknya di dalam tubuh.

Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa manusia menggunakan lebih banyak protein dari susu pasteurisasi daripada susu UHT.

Tapi Bunda tak perlu khawatir, teknologi telah memungkinkan untuk menjaga susu UHT tetap mampu memberi gizi seimbang untuk Si Buah Hati dengan cara fortifikasi vitamin dan mineral. Jadi, si kecil akan tetap mendapatkan nutrisi penting dari susu anak 1 tahun seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, kalsium, magnesium, dan mineral lainnya.

2. Susu Pertumbuhan Bubuk

Susu pertumbuhan ditujukan untuk anak usia antara satu hingga tiga tahun. Susu pertumbuhan umumnya mengandung vitamin, mineral, dan probiotik yang ditambahkan ke dalamnya. Susu pertumbuhan juga mengandung kadar zat besi yang lebih tinggi karena proses fortifikasi. Tujuannya jelas, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan Si Buah Hati.

Karena proses fortifikasi tersebut, susu pertumbuhan memiliki kandungan nutrisi yang lebih beragam. Proses fortifikasi dengan probiotik dan prebiotik bermanfaat dalam menjaga kesehatan saluran cerna, serta asam lemak baik seperti DHA untuk membantu perkembangan otak Si Buah Hati.

Kandungan nutrisi susu pertumbuhan juga disesuaikan dengan kebutuhan usia anak, misal untuk anak usia 1-3 tahun, 3-5 tahun, dan seterusnya.

Nah, Bunda, pastikan susu pertumbuhan untuk anak mengandung gizi makro (misalnya, protein) dan mikro (misalnya, zat besi, minyak ikan/DHA/omega 3 dan omega 6, probiotik dan prebiotik) yang dapat membantu mencukupi kebutuhannya. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek label kemasan susu sebelum membeli.

Memilih susu anak 1 tahun untuk Si Buah Hati dan memberikan asupan nutrisi yang cukup dapat membantu memberikan manfaat kesehatan pada Si Buah Hati, sehingga ia bisa bebas bereksplorasi.

Bunda juga bisa bantu lengkapi asupan gizi seimbang Si Buah Hati untuk dukung eksplorasinya dengan DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan untuk anak usia diatas 1 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), dan Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin.

Punya pertanyaan seputar memberikan susu pertumbuhan untuk anak satu tahun? Bunda, bisa konsultasi langsung dengan DANCOW Parenting Expert di sini.