Nutrisi

Kandungan Zat Gizi dalam Susu untuk membantu Perkembangan Kognitif Anak

24-12-2020

Pentingnya susu untuk pertumbuhan bagi anak

Untuk membantu mengoptimalkan kemampuan kognitif Si Buah Hati, selain dengan stimulasi yang tepat pastikan Bunda selalu memberikannya nutrisi yang cukup dan seimbang, salah satunya dari susu. Namun memilih susu pertumbuhan tak bisa sembarangan. Apalagi, mungkin Bunda masih ragu memberikan susu coklat sebagai susu pertumbuhan anak, karena belum memahami mana yang sebaiknya diberikan kepada Si Buah Hati. Memilih susu untuk mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati memang tak bisa sembarangan.

 

Dalam memilih susu pertumbuhan, salah satu hal yang bisa jadi pertimbangan Bunda adalah kandungan nutrisi di dalamnya. Pastikan Bunda selalu membaca label dan kemasan susu tersebut untuk mengecek kandungan nutrisinya, ya. Agar mendapatkan manfaat baik untuk membantu mengoptimalkan perkembangan kognitif Si Buah Hati, berikut beberapa nutrisi yang sebaiknya ada dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi anak.

 

  1. Omega 3 dan Omega 6

Sebuah studi baru yang dilakukan di Universitas Gothenburg, Swedia, menemukan bahwa omega 3 dan omega 6 dapat membantu meningkatkan keterampilan membaca Si Buah Hati dan meningkatkan fokusnya saat mempelajari sesuatu. Menurut Kementerian Kesehatan RI, anak-anak usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 0.7 gram omega 3 dan 7 gram omega 6 setiap harinya.

 

  1. Vitamin C
    Untuk anak usia 1-3 tahun, kebutuhan vitamin C hariannya menurut Angka Kecukupan Gizi dari Kementerian Kesehatan RI adalah 40 mg. Menurut sebuah penelitian, vitamin ini tak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh, tapi juga ditemukan hubungan baik antara konsumsi vitamin C dengan peningkatan kegiatan yang menggunakan kemampuan kognitif seperti fokus, mengenal hal-hal baru, dan mengingat.

 

  1. Vitamin D
    Vitamin yang satu ini sudah dikenal manfaatnya bagi kesehatan tulang karena dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh Si Buah Hati. Ketika kesehatannya terlindungi, tumbuh kembang Si Buah Hati jadi lebih optimal sehingga kemampuan kognitifnya dapat berkembang dengan baik.

 

Di usia 1-3 tahun, kebutuhan vitamin D anak adalah 15 mcg, jadi pastikan ia mendapatkan asupan vitamin D yang cukup agar perkembangannya tidak terganggu. Saat memilih susu pertumbuhan untuk anak 1 tahun, cek juga apakah ada kandungan vitamin D di dalamnya ya, Bunda.

 

1

 

Baca Juga: Susu Pertumbuhan untuk Dukung Eksplorasi Anak 1 Tahun

 

  1. Zink

Menurut penelitian, zink memiliki hubungan dengan  perkembangan kognitif. Ini karena zink berperan dalam perkembangan saraf otak. Selain itu, zink juga merupakan salah satu unsur dalam otak yang membantu memberikan kontribusi terhadap struktur dan fungsi otak. Jadi, pastikan Si Buah Hati mendapatkan asupan zink yang cukup agar perkembangan kemampuan kognitifnya optimal. Adapun kebutuhan zink anak usia 1-3 tahun adalah 3 mg menurut Angka Kecukupan Gizi dari Kementerian Kesehatan RI.

2

 

Bunda tak perlu khawatir memberikan DANCOW Coklat untuk Si Buah Hati. DANCOW 1+ Nutritods rasa Coklat adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Yuk, ajak Si Buah Hati cobain segelas susu DANCOW Coklat sekarang!

 

Setelah mengetahui apa saja nutrisi yang baik untuk mendukung perkembangan kognitif Si Buah Hati, Bunda bisa mempersiapkan makanan, minuman, serta susu pertumbuhan yang mengandung nutrisi-nutrisi tadi. Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang disertai dengan stimulasi yang tepat tak hanya mendukung perkembangan kognitif Si Buah Hati jadi lebih optimal, tapi juga membantu Bunda #TerusLindungiEksplorasi Si Buah Hati!