Jus Buah Sebagai Alternatif Asupan Buah untuk Si Kecil | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Jus Buah Sebagai Alternatif Asupan Buah untuk Si Kecil

09-03-2018

Jus Buah Sebagai Alternatif Asupan Buah untuk Si Kecil

Memberikan cinta yang tulus memang diperlukan buat si Kecil. Namun, perlu batasan agar cinta yang diterima oleh buah hati Bunda tak sampai menyebabkannya bersikap manja. Dalam arti yang berbeda, cinta terkadang tidaklah mudah, namun cinta berarti mengajarkan anak-anak untuk berani menghadapi dunia. Misalnya saja, membiarkan si Kecil bebas bermain di luar untuk mengeksplorasi setiap hal baru yang dia temukan.

Bunda memang perlu memberikan pengawasan, karena usia si Kecil masih belia. Namun, ada hal lebih penting yang perlu Bunda berikan, yaitu perlindungan dari dalam. Cara ini akan membantu mengoptimalkan setiap proses belajar si Kecil lewat beragam asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Salah satunya lewat beragam asupan buah-buahan. Bunda dapat mengkreasikannya menjadi jus buah yang segar dan menyehatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

Manfaat Minum Jus

Kurang mengonsumsi buah-buahan dapat menyebabkan rendahnya asupan serat pangan inulin, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung stimulasinya. Terutama pada tahapan usia 1+, yang butuh nutrisi tinggi untuk stimulasi kemampuan kognitifnya. Menurut Pedoman Gizi Seimbang (PGS), selain serat pangan, buah-buahan merupakan sumber terbaik vitamin dan mineral yang dapat berperan sebagai antioksidan. Dengan cara membuatkan jus buah sendiri di rumah, si Kecil bisa memperoleh manfaat berupa asupan nutrisi dari buah-buahan.

Manfaatkan Beragam Buah-Buahan

Menurut PGS, anak-anak yang berada di atas usia 1 tahun perlu dikenalkan dengan beragam makanan. Tidak terkecuali buah-buahan. Tujuannya, agar pilihan buah-buahan yang dikenali si Kecil lebih beragam. Selain mengenalkannya langsung, Bunda juga bisa menyajikannya dalam bentuk jus buah. Ganti setiap hari buah-buahan yang digunakan untuk di jus. Misalnya, hari ini jus mangga, besok jus apel, lusa jus melon dan seterusnya. Kenalkan pula jus buah kombinasi, seperti buah pir dan jeruk. Dengan cara ini, si Kecil tidak akan mudah bosan mengonsumsi buah-buahan secara rutin.

Perhatikan Cara Membuat Jus Buah

Setiap buah-buahan selalu memiliki rasa yang berbeda. Bahkan, PGS menjelaskan bila di dalam buah sebenarnya sudah terkandung fruktosa atau yang disebut sebagai gula buah. Fruktosa inilah yang membuat cita rasa manis alami dalam buah-buahan. Supaya, manfaat buah tetap terjaga, buatlah jus buah tanpa memberikan gula tambahan. Selain itu, daripada menggunakan juicer, serat pangan pada buah bisa tetap dikonsumsi dengan diblender. Serat pangan yang terkandung dalam buah-buahan bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.

Agar lebih nikmat, campur jus buah dengan susu pertumbuhan DANCOW ExcelNutri+. Selain itu, susu pertumbuhan ini juga mengandung bakteri baik Lactobacillus rhamnosus & Bifidobacterium longum vitamin A, C, E, selenium dan zink. Di dalamnya juga terkandung serat pangan inulin. Bahagiakan selalu buah hati Bunda dengan hidangan bergizi seperti kombinasi jus buah dan susu pertumbuhan. Lewat asupan gizi seimbang, si Kecil bisa bebas bermain di luar ruangan dan Bunda pun menjadi tenang. DANCOW Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi.