Inspirasi Menu Sayur untuk Sarapan Si Kecil | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Inspirasi Menu Sayur untuk Sarapan Si Kecil

11-19-2018

Resep Sayuran untuk Menu Sarapan Anak

 

Terkadang Si Kecil selalu punya alasan untuk menolak menu sayur yang Bunda tawarkan. Padahal kandungan vitamin dan mineral di dalamnya penting untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Nah, agar Si Kecil mau melahap sayuran dan asupan gizinya tercukupi, Bunda bisa membuatkan beragam kreasi resep sayuran untuk anak , dimulai dari menu sarapannya.

Bingung mau membuatkan menu sarapan apa untuk Si Kecil? Berikut ini adalah beberapa inspirasinya. Sudah siap mencatat Bunda? 

  1. Sandwich Roti Gandum

Ini bisa jadi salah satu resep masakan untuk anak yang susah makan sayur. Di pagi hari, Bunda bisa menyiapkan roti gandum yang diisi dengan potongan daging  dan keju sebagai sumber protein dan kalsium. Lalu, letakkan aneka sayuran di atasnya, seperti selada, tomat, dan timun.  Perpaduan rasa gurih daging dengan segarnya sayuran, bisa membantu Si Kecil agar mau melahap beragam sayur. Tomat misalnya, menurut studi dari Institute of Biochemistry and Clinical Biochemistry, Italia, mengandung likopen dan potasium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Si Kecil.

  1. Telur Gulung Isi Sayur

Kreasi menu sayur ini mudah dibuat dan sangat cocok dijadikan menu sarapan Si Kecil sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Caranya, kocok lepas telur lalu masak seperti omelette, angkat dan tiriskan. Taruh irisan sayur yang sudah dikukus di bagian pinggirnya, misalnya wortel, buncis, dan brokoli. Gulung omelette perlahan-lahan, dan siap disajikan untuk Si Kecil.

Kandungan folat dalam buncis penting dalam pembentukan sel darah merah, yang fungsinya mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh Si Kecil.  

  1. Tumis Ubi & Sayur

Ubi tidak hanya disajikan sebagai camilan manis, tapi juga bisa diolah dengan tambahan sayuran sebagai menu sarapan. Mau coba membuatkan Si Kecil sajian unik ini? Siapkan potongan ubi, irisan wortel, dan petikan daun bayam. Lalu, tumis bersama irisan bawang bombai dan bawang putih yang dimemarkan, dan tambahkan sedikit garam. Potongan ubi membuat rasa sayuran di dalam sajian ini terasa sedikit manis, sehingga Si Kecil mau melahapnya. Salah satunya, wortel yang kaya kandungan vitamin A untuk mendukung kesehatan mata Si Kecil. 

  1. Onigiri Isi Sayur

Makanan khas Jepang ini juga bisa diolah menjadi resep sayur untuk anak lho, Bunda. Selain bentuknya yang menarik, onigiri dapat menjadi sumber energi yang baik untuk aktivitas pagi Si Kecil. Tambahkan tumis brokoli dan wortel di dalamnya. Vitamin C dalam brokoli hijau bermanfaat untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil.


Semoga inspirasi menu sarapan ini bisa membantu Bunda untuk mencukupi asupan gizi Si Kecil, ya. Selain membuatkan berbagai resep sayur untuk anak , lengkapi juga menu sarapan Si Kecil dengan segelas susu pertumbuhan. DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+ mengandung vitamin A, C, E; selenium, zink, dan Lactobacillus rhamnosus untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil yang optimal. Dengan asupan gizi yang cukup, Bunda dapat mendukung perlindungan kesehatan Si Kecil saat ia bereksplorasi. Yuk, katakan #IyaBoleh agar Si Kecil makin semangat untuk bereksplorasi!