Nutrisi

Inspirasi Menu Finger Food Sehat & Praktis untuk Si Buah Hati

26-06-2019

Finger Food Sayur Ini Merupakan Cara Mengatasi Anak Mencret

Sebagai orang tua, Bunda tentu ingin selalu memberikan yang terbaik untuk Si Buah Hati, termasuk mendukungnya bebas bereksplorasi. Sayangnya, gangguan kesehatan seperti diare, dapat menghambat aktivitas yang menyenangkan ini. Untuk itu, Bunda disarankan berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan saran terbaik mengenai cara mengatasi berak-berak  dan cara mengatasi anak mencret

Supaya kesehatan pencernaan Si Buah Hati tetap terjaga, Bunda perlu memberikannya makanan yang bergizi. Sayuran, merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk saluran cernanya, karena mengandung tinggi serat dan vitamin.

Agar Si Buah Hati lebih tertarik untuk makan sayur, Bunda dapat menyajikannya sebagai menu finger food yang menarik. Berikut beberapa ide finger food sayuran untuk Si Buah Hati yang dapat dibuat dengan mudah oleh Bunda.

  1. Edamame Kukus

Berdasarkan kajian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), edamame atau kedelai hijau mengandung protein, dan juga beta karoten yang berguna untuk membantu menjaga kesehatan mata Si Buah Hati . Cara penyajiannya cukup praktis, Bunda. Kukus edamame selama 10-15 menit, tiriskan, dan sajikan sebagai snack sehat.

  1. Wortel & Brokoli Kukus

Wortel dikenal sebagai sumber asupan vitamin A yang dapat mendukung fungsi penglihatan Si Buah Hati. Sedangkan brokoli mengandung senyawa fitokimia (zat yang memengaruhi warna, aroma, dan rasa) yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Buah Hati.  Keduanya juga merupakan sumber serat yang dapat menjadi salah satu cara mengatasi anak mencret.[

Wortel dan brokoli, bisa disajikan sebagai finger food dengan cara mengukusnya hingga lunak. Untuk memastikannya, tusuk permukaan sayur pakai garpu saat mengukus.

  1. Kacang Polong Rebus

Ini juga bisa jadi alternatif finger food sehat untuk Si Buah Hati. Sebab, kacang polong mengandung magnesium dan fosforus yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. 

Untuk menghindari risiko tersedak, Bunda perlu merebus kacang polong hingga lunak dan membentuknya lebih pipih dengan menggunakan bantuan sendok.

  1. Timun Potong

Timun kaya akan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Ketiga zat ini diperlukan untuk kepadatan dan kekuatan tulang Si Buah Hati, serta mendukung fungsi saraf dan ototnya. 

Tekstur timun cenderung lunak, jadi Bunda tak perlu khawatir Si Buah Hati tersedak. Agar mudah digenggam, iris timun memanjang seperti stick.

  1. Paprika Panggang

Panggang paprika kuning, merah, oranye, atau hijau, dalam oven. Lalu, sajikan kepada Si Buah Hati. Cara ini bisa membuat rasanya jadi sedikit manis, dan membantu agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Di dalam paprika, terdapat  kandungan vitamin C yang gunanya untuk mendukung daya tahan tubuh Si Buah Hati.

 Selain untuk konsumsi sehari-hari, Bunda juga dapat menyajikan camilan sehat ini di acara spesial, seperti ulang tahun Si Buah Hati, dengan kreasi resep yang menarik. Namun, pastikan sayuran tersebut diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang, ya. Hal ini untuk mengurangi risiko berkurangnya kandungan nutrisi di dalam sayur.

Bantu cukupi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan menyiapkannya beragam sayur dan juga susu pertumbuhan. DANCOW Advanced Excelnutri+ mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu optimalkan tumbuh kembang Si Buah Hati.

Nutrisi yang tercukupi, penting sebagai salah satu cara mengatasi anak mencret  agar tidak mengalami kekurangan gizi dan mendukung pemulihan kesehatannya. Dengan begitu, Si Buah Hati bisa kembali aktif bereksplorasi. Yuk, katakan #IyaBoleh untuk mendukung jiwa eksplorasi Si Buah Hati!