Nutrisi

Inspirasi Bekal Sehat & Praktis Saat Liburan

17-09-2019

Pilihan Resep Makanan untuk Liburan Anak

Bunda berencana liburan bersama Si Buah Hati? Beberapa resep makanan anak yang sehat & praktis untuk ini bisa Bunda siapkan sebagai bekal. Bekal makanan yang sehat dan bergizi ini penting untuk menjaga dan mencukupi asupan nutrisi Si Buah Hati selama liburan. Dengan bekal makanan yang sehat ini, tentunya liburan bersama Si Buah Hati dan keluarga jadi semakin seru.

Beberapa resep makanan ini tak hanya bernutrisi untuk Si Buah Hati namun juga mudah disiapkan lho, Bunda. Yuk, simak apa saja makanan bergizi yang bisa Bunda persiapkan sebagai menu bekal Si Buah Hati saat liburan.

  • Roti Lapis (Sandwich)

Praktis dan disukai semua anggota keluarga, resep makanan anak yang satu ini cocok jadi bekal liburan. Tinggal isi roti dengan potingan daging asap atau bisa juga diganti dengan telur dan keju, lengkapi dengan potongan daun selada dan tomat. Telur dan keju adalah sumber protein dan lemak yang baik, sedangkan selada dan tomat kaya akan vitamin dan mineral. Tak hanya enak, resep makanan yang satu ini juga bernutrisi untuk anak.

  • Potongan Buah Segar

Pilihlah buah-buahan yang disukai Si Buah Hati dan keluarga untuk dibawa jadi camilan saat liburan. Bunda bisa membawakan apel yang kaya serat, antioksidan, vitamin C, kalium, vitamin K hingga vitamin B, mangga yang kaya vitamin C, atau semangka yang segar dan kaya vitamin A & C. Bawalah buah yang kaya serat agar lebih mengenyangkan saat dimakan.

  • Smoothies

Air minum dalam jumlah yang cukup sangat dibutuhkan saat liburan. Selain air putih, Bunda juga bisa membuatkan smoothies dari pisang dicampur dengan yoghurt atau pun susu. Tak hanya kaya akan protein dan segar saat diminum, smoothies juga bisa jadi alternatif camilan sehat untuk Si Buah Hati yang mengenyangkan, lho.

  • Bola-bola Nasi

Dibandingkan membawa nasi putih biasa, Bunda bisa membuat kreasi bola-bola nasi atau pun onigiri. Untuk membuat bola-bola nasi atau pun ongiri, Bunda tinggal membentuk nasi menjadi bulatan atau segitiga dan membalutnya dengan lembaran rumput laut (nori). Jika ingin melengkapi nutrisi bola-bola nasi atau pun onigiri ini, sertakan juga lauk kaya protein di dalam bola-bola nasi seperti suwiran ikan atau ayam. Bisa juga diganti dengan tumisan sayur hijau.

  • Burger Tempe

Untuk sarapan, Bunda bisa juga membuatkan burger tempe untuk Si Buah Hati. Roti yang mengandung karbohidrat dan tempe yang kaya akan protein merupakan pilihan menu bekal sarapan yang praktis dan enak untuk dibawa liburan. Cara membuatnya pun mudah, tinggal siapkan roti burger, berikan olesan sesuai keinginan, kemudian masukkan tempe sebagai pengganti daging. Agar semakin bernutrisi, jangan lupa untuk memasukkan potongan sayuran ke dalam burger ini ya, Bunda. 

  • Susu
    Selain makanan sehat & bergizi tadi, Bunda juga bisa memasukkan susu DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+ ke dalam menu bekal anak saat liburan. Susu pertumbuhan anak usia 3-5 tahun ini mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), dan Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati selama liburan bersama keluarga tercinta.

Bagaimana Bunda, sudah memilih mana resep makanan anak yang akan dibawa sebagai bekal liburan bersama Si Buah Hati? Pastikan bekal yang dibawa mengandung nutrisi yang seimbang agar Si Buah Hati tetap bertenaga saat menikmati liburannya, ya.