Nutrisi

Ini Panduan Porsi Makan Harian Bergizi Seimbang untuk Si Buah Hati

26-06-2019

Berikut Tips Agar Anak Mau Makan Nasi

Bagaimana ya, bila Si Buah Hati menolak makan nasi? Apakah asupan gizi hariannya kurang tercukupi? Tenang Bunda, anak yang tidak mau makan nasi belum tentu kekurangan gizi. Namun, Bunda perlu mencari tahu tips agar anak mau makan nasi , dan memastikan porsi makan hariannya mengandung gizi lengkap dan seimbang, agar asupan nutrisinya tercukupi. 

Tahukah, Bunda? Berdasarkan data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) yang dihimpun oleh Kementrian Kesehatan RI, jumlah balita stunting dan balita dengan gizi kurang cenderung sulit menurun. Di tahun 2013, balita stunting jumlahnya sekitar 19,2%, sedangkan di tahun 2018 sebanyak 19,3%. Sementara masalah kurang gizi balita di tahun 2013 adalah 13,9%, dan di tahun 2018 ada sekitar 13,8%. Padahal Si Buah Hati butuh asupan gizi yang cukup agar tumbuh kembangnya optimal. Untuk itu, Bunda perlu memberikannya beragam makanan sehat bergizi seimbang.

Rekomendasi Porsi Makan Harian Si Buah Hati

Gizi seimbang artinya dalam satu kali menu makan Si Buah Hati terdiri dari beragam makanan dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan, dan dikonsumsi secara teratur. Untuk hal ini, Bunda harus lebih kreatif dalam membuatkan menu makanan Si Buah Hati sehari-hari. Ini bisa menjadi salah satu tips agar anak mau makan nasi lengkap dengan lauk, buah, dan sayur. 

Dalam Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan RI 2014, setiap anak disarankan mengonsumsi sayuran dan buah sebanyak 300 gr per hari. Sedangkan, makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak, harus dikurangi karena berisiko memicu timbulnya penyakit tidak menular, seperti obesitas dan diabetes.

Nah, berikut ini adalah ukuran porsi makanan yang harus dikonsumsi anak usia 1-3 tahun setiap satu kali makan. 

  • Makanan Pokok (Karbohidrat)*     

Nasi                             : ¾ gelas (100 gr)

Bihun                           : ½ gelas (50 gr)

Kentang                       : 2 buah sedang

*pilih salah satu

  • Lauk-Pauk (Protein Nabati)*

Tempe                         : 1-2 potong sedang

Kacang hijau               : 2 ½ sdm

Tahu                            : 1-2 potong sedang

*pilih salah satu

  • Lauk-Pauk (Protein Hewani)*

Daging sapi                 : ½ - 1 potong sedang

Ayam                           : ½ - 1 potong sedang

Telur ayam                  : ½ - 1 butir

*pilih salah satu

  • Sayuran*

Bayam                         : ½ gelas (50 gr)

Buncis                          : ½ gelas (50 gr)

Sawi                             : ½ gelas (50 gr)[APH5] 

*pilih salah satu

  • Buah*

Alpukat                        : ½ buah besar (50 gr)

Apel merah                 : 1 buah kecil (85 gr)

Mangga                       : ¾  buah besar (90 gr)

Terkadang di usia balita, Si Buah Hati bisa jadi malas makan nasi. Supaya anak mau makan nasi , Bunda bisa berkreasi menyajikan lauk yang semenarik mungkin. Perlu dicatat, sumber karbohidrat tidak hanya nasi, Bunda dapat menggantinya dengan kentang, pasta, mie, atau roti.  Selain itu, Bunda juga perlu memastikan porsi makan Si Buah Hati memenuhi rekomendasi di atas. Untuk mendapatkan inspirasi menu harian yang sehat, Bunda bisa cek di Piring Nutrisi DANCOW.

Bantu lengkapi asupan gizi Si Buah Hati dengan memberikannya segelas susu pertumbuhan. DANCOW Advanced Excelnutri+ mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati.

Nah, pastikan kebutuhan gizi Si Buah Hati tercukupi dengan menyiapkan aneka makanan sehat bergizi seimbang ya, Bunda. Pastikan, Bunda juga membuat beragam kreasi menu yang menarik dan membuat suasana makan yang menyenangkan. Ini bisa jadi tips agar anak mau makan nasi , lauk, sayur, dan buah dengan lahap. Dengan gizi yang tercukupi, kesehatannya dapat terlindungi, sehingga Bunda bisa katakan #IyaBoleh  untuk mendukungnya aktif bereksplorasi!