Parenting

Ini Dia 3 Cara Menjaga Kesehatan Si Kecil Saat Musim Hujan

31-08-2018

  Mengetahui cara menjaga kesehatan Si Kecil

Bukan rahasia lagi jika musim hujan ataupun saat terjadinya perubahan suhu udara yang sering tidak menentu seperti saat ini berisiko membuat Si Kecil mudah jatuh sakit. Hal ini dikarenakan virus dan bakteri juga mudah berkembang biak saat terjadinya perubahan suhu yang tidak menentu. Sementara, tubuhnya pun masih beradaptasi dan berupaya keras untuk menjaga kestabilan suhu di dalam tubuhnya.

Ada beberapa penyakit yang memang berpotensi menyerang Si Kecil, khususnya saat musim hujan. Mulai dari flu yang disebabkan virus influenza, demam berdarah, penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, demam tifoid, serta diare.

Oleh karena itulah Bunda perlu lebih waspada dan memerhatikan kesehatan Si Kecil. Jangan sampai daya tahan tubuhnya menurun dan membuatnya jatuh sakit. Untuk memastikan Si Kecil tetap sehat dan bisa melakukan aktivitas seperti biasanya, ada beberapa yang bisa Bunda lakukan.

Pastikan nutrisi Si Kecil terpenuhi

Salah satu kunci utama agar Si Kecil tetap sehat dan tidak mudah terserang kuman penyakit, pastikan lebih dulu asupan nutrisi sudah terpenuhi dengan baik. Khususnya untuk menjaga stamina tubuh agar tetap sehat. Ada beberapa jenis makanan yang bisa wajib dikonsumsi, harus memenuhi unsur yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral serta kebutuhan cairan yang tercukupi.

Mengingat musim hujan Si Kecil berisiko mengalami diare, sebaiknya Bunda juga melengkapi asupan makanan yang mengandung bakteri baik, seperti Lactobacilus yang membantu sistem pencernaan Si Kecil menjadi lebih baik.

Untuk melengkapi asupan, baiknya Bunda juga memberikan nutrisi tambahan 2 gelas susu pertumbuhan setiap hari. DANCOW Advanced Excelnutri+ merupakan susu pertumbuhan yang ditujukan anak usia di atas 1 tahun yang mengandung Lactobacilus rhamnosus dan, minyak ikan, vitamin, mineral dan protein yang mendukung tumbuh kembang anak.

Cukupi kebutuhan tidur Si Kecil

Salah satu langkah menjaga daya tahan tubuh Si Kecil agar tetap sehat meskipun di musim penghujan ataupun musim pancaroba, perhatikan apakah kebutuhan tidurnya sudah tercukupi atau belum.

Biasakan untuk tidur siang, pasalnya tidur siang tidak hanya bisa membuat tubuh Si Kecil istirahat dan mencegah terlalu lelah, namun juga baik untuk pertumbuhannya. Saat tidur, tubuh akan beristirahat dan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh anak akan lebih kuat jika kebutuhan istirahat di siang hari tercukupi. Pastikan juga Si Kecil memiliki pola tidur malam yang teratur dan cukup agar stamina tubuh anak optimal.

Batasi makanan dan minuman dingin

Bunda tentu sering mendengar nasihat yang mengatakan bahwa jangan membiarkan anak-anak untuk mengonsumsi makan dan minuman dingin, khususnya ketika musim hujan. Kebiasaan ini berisiko membuat Si Kecil mengalami batuk dan pilek.

Memang, pada dasarnya Si Kecil akan terjangkit penyakit tidak hanya dikarenakan makan dan minuman dingin saja. Namun, tidak terlepas dari daya tahan tubuh atau imunitasnya, termasuk karena faktor lingkungan dan cuaca yang memiliki andil besar sehingga memengaruhi kesehatan si kecil. Oleh karena itulah, sebaiknya memang mengonsumsi makan dan minuman dingin sebaiknya dibatasi.

Lewat 3 cara sederhana ini bisa Bunda lakukan untuk mencegah Si Kecil jatuh sakit di musim penghujan. Lagi pula, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati