Nutrisi

Ide Menu Harian Anak untuk Si Buah Hati yang Sudah Disapih

14-12-2020

1.	Menu harian anak untuk Si Buah Hati

Saat Si Buah Hati memasuki masa penyapihan, tentunya Bunda membutuhkan banyak pertimbangan, apa saja makanan dan nutrisi yang harus masuk ke dalam menu harian anak. Hal ini penting karena memberikan asupan untuk Si Buah Hati tak boleh sembarangan. Apalagi dalam kondisi seperti saat ini, memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh Si Buah Hati.

 

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat membuat menu harian anak 1 tahun yang sudah disapih adalah, bahan-bahan di dalam menu tersebut sebaiknya memiliki nutrisi yang lengkap dan seimbang. Namun Bunda tak perlu khawatir atau bingung menyusun menu makanan Si Buah Hati sehari-hari, yuk coba intip beberapa kreasi menu yang bisa bantu penuhi asupan nutrisinya berikut ini.

1

  1. Nasi Tim Ayam Brokoli Tahu
    Untuk Si Buah Hati yang memasuki usia 1 tahun, Bunda sudah bisa memberikan nasi tim yang halus. Salah satu resep makanan anak sehat yang bisa dicoba adalah nasi tim ayam brokoli tahu. Cara membuatnya, Bunda tinggal menumis 1 siung bawah putih dan 1 sendok makan bawang bombay yang sudah dicincang menggunakan margarin hingga harum. Lalu tambahkan sedikit ayam cincang dan tomat cincang yang sudah dibuang biji dan kulitnya. Tambahkan juga tahu rebus yang sudah dihancurkan serta brokoli rebus yang sudah dicincang. Campur seluruh bahan tumisan ini dengan bubur dan saring hingga mendapatkan nasi tim yang halus.


Ayam dan tahu merupakan sumber protein yang baik untuk Si Buah Hati, sedangkan sayur seperti brokoli selain mengandung protein dan serat juga mengandung vitamin A, C, E, K, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan magnesium.

 

  1. Sup Krim Ayam Jagung
    Membuat sup krim ayam jagung untuk Si Buah Hati sebenarnya tidak sulit kok, Bunda. Tumis bawang putih, bawang bombay, potongan wortel dan daun bawang hingga harum, lalu masukkan ke dalam panci berisi air rebusan ayam. Tambahkan potongan ayam dan jagung yang sudah dihaluskan pakai blender ke dalam panci, kemudian masukkan larutan maizena dan sedikit susu untuk mengentalkan sup.

 

Selain sebagai salah satu sumber karbohidrat dan protein, jagung juga mengandung asam lemak berupa omega 3 dan omega 6. Vitamin A dan E yang berperan sebagai antioksidan alami untuk meningkatkan imunitas tubuh pun bisa ditemukan dalam jagung. Jadi tak ada salahnya menambahkan bahan makanan yang satu ini ke dalam menu makanan Si Buah Hati. 

 

2

 

Baca Juga: Makanan Untuk Balita Tak Boleh Asal Kenyang, Gizinya Juga Harus Seimbang

 

3. Puree Apel & Wortel

Apel dan wortel juga merupakan bahan makanan kaya nutrisi yang baik untuk Si Buah Hati. Apel mengandung senyawa flavonoid, antioksidan yang dapat menghalau radikal bebas yang merusak sel tubuh. Sedangkan wortel kaya akan kandungan alpa dan beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Wortel juga mengandung lutein, zat antioksidan yang baik bagi kesehatan mata. Kedua bahan makanan ini bisa Bunda olah menjadi puree untuk menu makanan Si Buah Hati dengan cara mengukus apel dan wortel hingga empuk, kemudian dihaluskan dengan blender.

 

Selain dari berbagai ide menu harian anak tadi, Bunda juga bisa memberikan susu pertumbuhan untuk Si Buah Hati. Namun, pilihlah susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang memang baik untuk mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati seperti kalsium, omega 3, omega 6, atau vitamin lainnya.   

 

9 dari 10 Ibu berpendapat, DANCOW 1+ Nutritods bantu anak saya terlihat aktif*. DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan  yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan  0 gram sukrosa, lebih  banyak laktosa, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6,serat pangan inulin dan mikronutrient lainnya  serta Lactobacillus rhamnosus. Dengan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang, Bunda dapat membantu #TerusLindungiEksplorasi Si Buah Hati.

 

Tak hanya untuk membantu menjaga daya tahan tubuh Si Buah Hati, nutrisi yang lengkap dan seimbang juga dibutuhkan dalam menu harian anak agar tumbuh kembang Si Buah Hati lebih optimal. Yuk, cari tahu nutrisi penting apa lagi yang wajib dikonsumsi Si Buah Hati agar Bunda dapat membantu lindungi eksplorasinya di sini.

 

*Berdasarkan hasil uji coba 361 anggota Home Tester Club Indonesia April 2020