Nutrisi

Ide Makanan Sehat untuk Disajikan Saat Pesta Ulang Tahun Si Buah Hati

15-01-2020

Menu Makanan Sehat untuk Anak Saat Ulang Tahun

Siapa bilang, makanan sehat untuk anak tidak bisa dijadikan menu saat perayaan ulang tahun Si Buah Hati? Meski perayaan ulang tahun identik dengan kue-kue manis yang mengandung gula serta makanan siap saji yang tidak sehat, bukan berarti Bunda tidak bisa menyiapkan alternatif makanan yang sehat namun tetap menarik di pesta ultah Si Buah Hati, lho! Yuk, intip inspirasinya di sini!

 

Pesta perayaan hari kelahiran adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu banyak anak, Si Buah Hati tentu tidak terkecuali. Apalagi pesta ini adalah momen selebrasi yang biasanya dirayakan dengan berbagai makanan enak dan penuh warna-warni yang sangat menarik perhatian Si Buah Hati dan teman-temannya. Sayangnya makanan enak yang sering jadi menu di pesta biasanya dipenuhi banyak gula dan lemak yang tak baik untuk kesehatan anak. Konsumsi gula berlebih jika dibiasakan dan dilakukan terus menerus bisa berdampak tak baik bagi kesehatan Si Buah Hati. Mulai dari obesitas, sakit gigi hingga meningkatnya risiko terkena diabetes adalah beberapa dampat asupan gula yang berlebih.

 

Namun, Bunda tidak perlu khawatir, dengan beberapa inspirasi menu makanan sehat untuk anak berikut ini, Bunda tetap bisa menyajikan makanan yang sehat sekaligus menarik untuk mengisi pesta Si Buah Hati. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu yang bisa Bunda coba.
 

1. Kue (cake)

Bagian paling mengandung banyak gula dalam kue biasanya adalah icing atau topping. Untuk mengatasi hal ini, Bunda bisa membuat sendiri icing atau topping dari bahan natural seperti buah-buahan. Misalnya saja stroberi untuk membuat icing warna merah atau mangga sebagai pengganti icing warna kuning. Jika ingin mengurangi tepung dan lebih sehat lagi, Bunda bahkan bisa mengganti cake dengan buah besar seperti semangka yang dipotong menyerupai cake, lho!

 

2. Makanan Utama

Hindari menyajikan makanan yang digoreng atau junk food. Meski menu-menu tadi memang disukai anak-anak, namun tidak baik untuk kesehatan mereka. Sebagai gantinya, Bunda bisa membuat pasta dengan saus dari tomat yang sudah direbus dan dihancurkan atau sandwich dengan isian daging asap dan juga berbagai sayuran seperti selada dan tomat.
 

3. Camilan
Untuk camilan, Bunda bisa berkreasi seunik mungkin menggunakan buah-buahan yang dicampur dengan bahan lainnya. Beberapa menu yang bisa dicoba antara lain, pisang yang dilapis cokelat dan taburan kacang, atau es loli yoghurt buah yang dibuat dari potongan buah dan yoghurt.

 

4. Minuman

Daripada menyajikan soda atau sirup yang kandungan gulanya cukup tinggi, Bunda bisa menyajikan jus sebagai alternatif minuman yang lebih sehat. Dengan menyusun jus warna-warni di dalam gelas, tampilan minuman pun jadi lebih menarik untuk anak-anak namun tetap sehat untuk dikonsumsi.

 

Bunda, jangan lupa untuk tetap memastikan asupan yang dikonsumsi Si Buah Hati bergizi seimbang. Salah satu cara untuk bantu mendukung terpenuhinya nutrisi Si Buah Hati dengan DANCOW Advanced Excelnutri+ susu pertumbuhan untuk anak usia diatas 1 tahun mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati di hari ulang tahunnya.

 

Selain inspirasi menu-menu tadi, Bunda juga bisa mendapatkan rekomendasi makanan sehat untuk anak lainnya di Piring Nutrisi, lho. Yuk, temukan berbagai inspirasi menu makanan yang sehat serta bernutrisi untuk mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati!