Stimulasi

Ide Aktivitas Sederhana dan Menyenangkan untuk Mengenalkan Alam pada Si Buah Hati

01-11-2019

Kenali 5 Permainan Anak yang Mendidik di Alam Terbuka

Tahukah Bunda, jika aktivitas di luar ruang (outdoor) baik untuk kesehatan dan perkembangan anak? Misalnya, terpapar sinar matahari pagi dapat menambah asupan vitamin D, mendukung kemampuan motorik, juga menumbuhkan rasa peduli terhadap alam. Tidak perlu jauh-jauh harus kemping di pegunungan atau pergi ke pantai untuk memperkenalkannya kepada alam. Bunda dapat mengajak Si Buah Hati melakukan permainan anak yang mendidik

Anak-anak pada dasarnya suka berlarian, bermain air, dan menjadi kotor. Dan tahukah Bunda, itu semua ternyata adalah bagian yang sangat penting untuk perkembangan anak.

Membiarkan anak-anak menikmati alam akan memungkinkan mereka tumbuh dengan rasa hormat pada semua jenis kehidupan. Dan tak hanya itu, berhubungan langsung dengan alam juga akan memberi mereka pengetahuan tentang bagaimana kehidupan terjadi. Jadi, ayo segera lakukan contoh permainan ini yang mendekatkannya dengan alam

5 Jenis permainan anak di luar rumah yang mendidik

1. Jalan-Jalan atau Main Sepeda di Taman

Pagi hari, atau saat sore hari yang cerah, siapkan alas kaki yang nyaman untuk mengajak Si Buah Hati jalan-jalan atau main sepeda di taman dekat rumah. Sepanjang jalan, Bunda bisa perkenalkan padanya nama-nama berbagai jenis tumbuhan yang ditemui di pinggir jalan. Minta Si Buah Hati untuk menyebutkan warna-warna bunga yang ia temui, menghirup aroma bunga yang harum, serta mengenali bentuk daun yang berbeda-beda.

Selain membantu mendekatkan Si Buah Hati dengan alam, jalan-jalan atau bersepeda ke taman bisa jadi sarana bagi Bunda untuk memperkenalkan pada Si Buah Hati tentang aturan keselamatan di jalan, misalnya berjalan atau bersepeda di sisi kiri jalan, serta pentingnya memerhatikan kendaraan yang melintas saat hendak menyeberang jalan.

2. Membantu Bunda Menyiram Tanaman

Anak-anak akan selalu suka bermain dengan air. Tapi kali ini, sambil bermain air, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati untuk mengenali konsep bagaimana tanaman tumbuh.[4] Katakan padanya bahwa tumbuhan membutuhkan air dan sinar matahari untuk bisa hidup dan tumbuh besar. Agar ia semakin memahami konsep pertumbuhan tanaman, Bunda juga bisa mengajaknya menanam satu jenis tanaman. Misal menanam biji cabai atau kacang di dalam pot kecil.  

3. Bermain Bola atau Layang-Layang di Lapangan

Pilih lapangan yang luas dan terbuka sehingga memungkinkan Si Buah Hati berlarian dengan bebas. Selain melatih fisik yang bermanfaat untuk kesehatannya, kegiatan ini juga dapat Bunda manfaatkan untuk memperkenalkan unsur-unsur alam, misalnya angin yang dapat membantu menerbangkan layang-layang.

4. Bermain Perahu Kertas di Kolam

Ajarkan Si Buah Hati membuat origami di rumah, misalnya membuat perahu kertas. Ajak ia memainkannya di kolam (kolam ikan atau kolam renang karet di halaman). Selain mengasah kreativitas Si Buah Hati dengan membuat perahu kertas, Bunda juga berkesempatan memperkenalkan tentang sifat-sifat air padanya. Misalnya, air punya energi untuk mendorong kapal bergerak, air selalu bergerak ke tempat yang lebih rendah, serta bentuk air yang selalu mengikuti tempatnya.

5. Berbaring di Halaman Sambil Menatap Bintang Saat Malam

Permainan anak yang mendidik tak perlu terlalu rumit. Ketika cuaca malam hari sedang cerah, tak ada salahnya menggelar tikar di halaman atau atap rumah dan mengajak Si Buah Hati berbaring di luar untuk sekadar menatap langit. Perhatikan jutaan bintang yang berkelap-kelip di atas sana, dan jelaskan pada Si Buah Hati bahwa bintang-bintang tersebut sesungguhnya memiliki ukuran yang sangat besar. Namun karena letaknya yang sangat jauh, mereka tampak kecil dari bumi. Hal ini akan menumbuhkan rasa rendah hati pada diri Si Buah Hati, karena ia sadar bahwa dirinya hanyalah bagian kecil dari alam semesta. 

Nah, tak rumit, kan, mengajak Si Buah Hati melakukan permainan anak yang mendidik? Jangan lupa Bunda pun harus bantu lindungi proses belajar dan eksplorasi Si Buah Hati dengan memberikan makanan bergizi lengkap dan seimbang. Lengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan anak usia diatas 1 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), dan Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk bantu mendukung perkembangan anak