Parenting

Fungsi Penting Celemek Saat Si Kecil Makan

05-11-2020

Fungsi Penting Celemek Saat Si Kecil Makan

Biasanya di tahapan usia 1+, si Kecil sudah ingin memakan sendiri makanannya, baik menggunakan tangan maupun berlatih dengan sendok garpu. Tapi seringkali orang tua menjadi kewalahan karena makanan terbuang dan noda sisa makanan ada di mana-mana. Salah satu perlengkapan yang dapat dikenakan untuk mencegah badan anak menjadi kotor adalah celemek.

Ketahui penjelasan manfaat celemek saat si Kecil makan ya:

Melindungi Baju dari Noda

Melatih si Kecil makan sendiri akan melatih kemampuan atensi dan psikomotoriknya yang diperlukan dalam tumbuh kembangnya. Akan tetapi proses belajar ini akan membuat ledakan noda sisa-sisa makanan, terutama di baju si Kecil.

Kenakan celemek untuk memproteksi pakaian dari noda-noda yang terkadang sulit dibersihkan, bahkan setelah dicuci, misalnya noda minyak dan susu. Sayuran dan buah yang mengandung pewarna alami atau getah juga terkadang sulit dibersihkan seperti pisang, bayam merah, strawberry, dan buah bit.

Menyeka Wajah Si Kecil

Celemek dapat dijadikan pengganti kain lap atau tisu untuk menyeka wajah si Kecil yang belepotan sisa makanan atau minuman. Selain dijadikan kain lap dalam keadaan darurat, juga dapat menghemat penggunaan kertas tisu. Biasanya celemek terbuat dari bahan lembut dan mudah menyerap sehingga dapat membersihkan wajah dengan cepat dan tidak membuat kulit teriritasi.

Membersihkan Noda di Meja atau Peralatan Makan

Untuk hal-hal darurat untuk menyeka meja dengan cepat, celemek bisa jadi penyelamat. Tidak hanya itu, perlengkapan ini juga bisa digunakan untuk menyeka peralatan makan yang akan digunakan oleh si Kecil. Pastikan celemek yang digunakan dalam keadaan bersih agar tidak memberikan kontaminasi bakteri, penyebab gangguan saluran pencernaan.

Memotivasi untuk Makan

Celemek bayi biasanya hadir dalam bentuk, motif, dan warna yang menarik. Selain peralatan makan, celemek juga dapat dijadikan pendorong si Kecil untuk berlatih makan sendiri dan lebih lahap menyantap makanan bernutrisi yang menjadi tanda cinta Bunda bagi anak-anak.

Semoga tips-tips di atas mempermudah Bunda dalam menjaga kebersihan anak, ya.