Stimulasi

Fakta Klinis Tentang Perkembangan Otak Si Kecil pada Periode Emas

05-09-2018

Fakta Klinis Tentang Perkembangan Otak Si Kecil pada Periode Emas

Tahukah Bunda bahwa perkembangan otak si Kecil paling cepat terjadi saat usia kehamilan Bunda memasuki 6 bulan hingga si Kecil berusia 2 tahun lho? Sel-sel otak si Kecil sudah mulai berkembang sejak bulan pertama ia berada di dalam kandungan, kemudian terus menerus berkembang cepat hingga mencapai 100 milyar sel. Memasuki kehamilan 6 bulan, sel otak si Kecil mulai terhubung satu sama lain membentuk hubungan antarsel (sinaps) yang kompleks. Kualitas sinaps inilah yang menentukan perkembangan kecerdasan si Kecil Bunda.

Nah, perkembangan kecerdasan ini sangat tergantung pada kualitas nutrisi dan stimulasi yang ia dapatkan sejak masih berada di dalam kandungan hingga ia memasuki usia 2 tahun. Nutrisi yang diberikan harus cukup, lengkap, dan seimbang sesuai kebutuhan dan tahapan usia si Kecil. Berikan asupan nutrisi yang dapat mendukung perkembangan otak seperti minyak ikan (sumber DHA),, serta asam lemak esensial Omega 3 dan 6. Asupan nutrisi untuk perlindungan tubuh seperti bakteri baik Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum; serat pangan inulin; vitamin A,C,E; serta mineral selenium dan zink juga penting lho Bunda, agar si Kecil selalu sehat dan dapat menerima stimulasi yang Bunda berikan dengan optimal. Tidak kalah penting dari nutrisi, stimulasi yang variatif dan teratur juga penting sekali. Stimulasi dapat diberikan dalam bentuk permainan dalam rumah maupun eksplorasi aktif di luar rumah. Selain itu, perhatikan juga jenis permainan atau eksplorasinya yang tetap harus disesuaikan dengan perkembangan usia si Kecil.

Bunda, otak si Kecil itu terbagi menjadi 2 yaitu otak kiri dan otak kanan. Kedua otak tersebut punya fungsi dan kegunaannya masing-masing lho! Otak kiri sering disebut otak matematika sebab ia memiliki fungsi utama untuk penalaran (logika) rasional. Sedangkan otak kanan sering sekali disebut otak seni, fungsi utamanya lebih untuk berpikir bebas, kreatif, dan imajinatif .

Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil, pastikan Bunda memberikan stimulasi sejak dini setiap hari terutama di periode emas pertumbuhannya. Jangan lupa stimulasi harus diberikan dengan penuh kasih sayang dan dalam suasana yang gembira. Rangsanglah otak kiri dan kanan si Kecil secara bersama-sama melalui permainan dan eksplorasi yang variatif. Misalnya dengan melatih si Kecil untuk menggunakan tangan kiri dan kanan sama seringnya sampai ia berumur 2 tahun. 

 

Artikel ini ditulis oleh: Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi.