Stimulasi

Enam Manfaat Dongeng Sebelum Si Kecil Tidur

12-09-2018

Enam Manfaat Dongeng Sebelum Si Kecil Tidur

"

Bunda, saat sebelum tidur adalah saat yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan si Kecil. Apalagi ketika usianya baru menginjak 2 tahun, di mana otaknya tengah berkembang maksimal dan mudah menyerap informasi. Karena itu, manfaatkanlah waktu sebelum tidur sebagai momen untuk memberikan rangsangan kepadanya. Satu stimulasi yang akan berdampak positif pada otaknya adalah membacakan buku cerita atau dongeng. Sebab membacakan dongeng memiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Saat dibacakan cerita, si Kecil akan mendengar beragam kosakata, istilah, struktur kalimat, ungkapan, dan peribahasa. Terkadang ada beberapa kata di dalam cerita yang belum ia kenal. Saat itulah Bunda dapat menjelaskan arti dan penggunaan kata baru. Pengenalan terhadap beragam elemen bahasa ini akan meningkatkan kemampuan berbahasanya.

2. Meningkatkan kemampuan mendengar

Ketika mendengar cerita yang menarik, perhatian si Kecil akan tersedot pada cerita. Dengan mendengarkan, ia dapat belajar bagaimana sebuah kata diucapkan. Bila aktivitas mendengar cerita itu menjadi sebuah kebiasaan, dia juga bakal belajar berkonsentrasi dan melatih kemampuan logikanya.

3. Meningkatkan kemampuan komunikasi verbal

Topik yang menarik pada cerita dapat memancing si Kecil untuk membahasnya. Nah, dialog yang terjadi antara dia dan Bunda bisa menjadi pengalamannya dalam berkomunikasi verbal. Dari pengalaman itu, ia akan belajar bagaimana bertanya, menanggapi, atau mengungkapkan pendapat.

4. Meningkatkan kemampuan membuat konsep

Melalui dongeng, konsep abstrak seperti hormat, sayang, dan tolong-menolong juga dapat Bunda berikan kepada si Kecil. Pengalaman itu, akan berpengaruh pada kemampuannya dalam menyikapi konsep lain dalam kehidupan nyata. Misalnya, dengan kesadaran sendiri ia akan meminta maaf bila berbuat salah.

5. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

Semakin banyak cerita yang didengar, bertambah kaya pula pengetahuan si Kecil. Cerita yang Bunda tuturkan bisa membuatnya belajar berbagai kejadian, memahami karakter tokoh, mengerti sebab akibat. Hal ini dapat memperluas pengetahuan dan mempertajam logikanya. Dengan bekal ini, ia pun dapat mengatasi masalahnya sendiri sesuai dengan usianya.

6. Menambah daya imajinasi

Saat cerita dibacakan, imajinasi si Kecil akan berjalan sesuai dengan jalan cerita. Imajinasi itu pula yang nantinya dapat menumbuhkan jiwa petualang dan mendorongnya untuk memandang dunia sebagai tempat yang mengasyikan. Pengembangan daya imajinasi ini juga penting sebagai dasar pengembangan kreativitasnya.

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi

"