Parenting

Dua Kunci untuk Latih si Kecil Pecahkan Masalah

14-11-2020

Dua Kunci untuk Latih si Kecil Pecahkan Masalah

Kemampuan memecahkan masalah merupakan keahlian yang sangat penting dalam hidup setiap orang, termasuk si Kecil. Nah, untuk merangsang kemampuan si Kecil memecahkan masalah, Bunda bisa melakukan dua hal yang menajdi kunci utama. Yakni pemberian stimulasi dan nutrisi.

 

Menurut Dr Soedjatmiko, SpA(K), MSi, dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang, stimulasi dini dari Bunda adalah rangsangan bermain kepada si Kecil sejak baru lahir. Pada prinsipnya, rangsangan yang diberikan harus dilakukan dengan penuh kegembiraan, kasih sayang, dan mengarah ke semua sistem indera.

Selain itu, stimulasi dini juga harus merangsang gerak kasar dan halus kaki, tangan, serta jari-jari. Pun mengajak si Kecil berkomunikasi serta merangsang perasaan yang menyenangkan dari pikirannya.

Sementara pemberian nutrisi yang memadai dapat Bunda lakukan sejak si Kecil masih dalam kandungan. Menurut dokter Atien Nur Chamidah, dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, fase ketika si Kecil berusia 1 tahun adalah periode yang sangat berharga bagi perkembangan otaknya. Hal ini karena pertumbuhan saraf otak paling pesat terjadi ketika si Kecil masih menjadi janin sampai berusia 18 bulan. Setelah itu, otak masih akan tumbuh sampai si Kecil berusia 5 tahun tetapi kecepatannya melambat.

Karena itu, Bunda perlu memastikan bahwa asupan nutrisi harian si Kecil memadai untuk perkembangan otaknya. Ada empat kelompok nutrisi utama yang dibutuhkan si Kecil sehari-hari. Pertama, zat tenaga yang bersumber dari karbohidrat dan zat pengatur yang berasal dari protein. Kedua, vitamin dan mineral; khususnya zat besi yang akan mengoptimalisasi kecepatan hantar saraf si Kecil sehingga mempercepat proses penyampaian informasi dan daya tangkapnya.

Baca juga: Nutrisi Seimbang dalam Menu Harian Si Kecil

Ketiga, kalium dan natrium yang diperlukan otak untuk menghasilkan energi. Kurangnya pasokan kalium akan berakibat mengurangi informasi yang dapat diterima oleh otak si Kecil. Sementara keempat adalah asam lemak (DHA dan ARA) yang berperan penting dalam pertumbuhan otak dan mata si Kecil.

Selain memberikan makanan olahan yang bergizi kepada si Kecil yang berusia 1 tahun, Bunda bisa menambahkan susu DANCOW 1+ EXCELNUTRI+ sebagai alternatif sumber nutrisi. Dengan kandungan minyak ikan yang menjadi sumber DHA dan asam lemak esensial, DANCOW 1+ EXCELNUTRI+ dapat membantu tumbuh kembang otak si Kecil dengan optimal. Sedangkan kandungan protein dan kalsium bakal mendukung pertumbuhan fisik si Kecil.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi

Baca juga: Saat Si Kecil Belajar Memaafkan