Nutrisi

Cermat Memilih Susu Pertumbuhan untuk Si Kecil

10-09-2018

Cermat Memilih Susu Pertumbuhan untuk Si Kecil

"

Melihat si Kecil tumbuh sehat dan pintar adalah dambaan setiap Bunda. Untuk mewujudkannya, si Kecil butuh nutrisi bergizi seimbang. Di usia 1 tahun, si Kecil mulai mengonsumsi makanan padat seperti anggota keluarga yang lain. Hal ini didukung faktor pertumbuhan fisik si Kecil yang pesat, ditandai gigi susu yang mulai bermunculan dan organ pencernaan yang berfungsi makin sempurna.

Selain mendapatkan pasokan nutrisi dari makanan padat, si Kecil juga membutuhkan sumber gizi lain. Untuk si Kecil di atas 1 tahun, Bunda bisa memberikan susu formula dengan nutrisi lengkap untuk mendukung kebutuhan tumbuh kembangnya. Dalam penelitian yang dilakukan Nura Veriyal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Jakarta, terlihat bahwa si Kecil mengalami peningkatan status gizi yang signifikan ketika Bunda memberikan makanan padat plus asupan susu pertumbuhan secara rutin.

Karena itu, Bunda harus cermat dalam memilih susu pertumbuhan yang sesuai untuk si Kecil sesuai tahap tumbuh kembangnya. Pertanyaannya, dengan keberagaman pilihan susu pertumbuhan di pasaran, produk seperti apa yang cocok bagi si Kecil yang berusia 1 tahun? Ini tiga tips agar Bunda cermat memilih susu pertumbuhan yang sesuai bagi si Kecil.

1. Pastikan jenis susu pertumbuhan pilihan

Bunda yang bijak akan memilihkan susu pertumbuhan sebagai pendamping nutrisi harian si Kecil yang berusia di atas 1 tahun. Pada dasarnya, jenis susu ini mengandung kadar protein dan mineral tinggi untuk menunjang kebutuhan si Kecil. Jadi sebelum memilih, Bunda perlu memastikan dahulu bahwa susu tersebut sesuai dengan tahap pertumbuhan si Kecil.

2. Kandungan nutrisi

Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) telah menyusun kriteria tentang susunan zat gizi yang harus terkandung dalam susu pertumbuhan lewat Peraturan Kepala BPOM RI nomor 31 tahun 2013. Menurut standar ini, susu pertumbuhan harus mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan zat tambahan lain yang dibutuhkan oleh si Kecil dengan kadar sesuai usianya.

3. Cek Kecocokan

Dalam artikel Cara Pemilihan Susu Terbaik Bagi Anak, Bukan yang Terkenal Termahal Disukai, dokter spesialis anak, Widodo Judarwanto menuliskan bilsa pertimbangan utama dalam pemilihan susu yang terbaik bagi si Kecil adalah produk yang sesuai dengan kondisi tubuhnya. Juga tidak mengakibatkan reaksi yang mengganggu fungsi organ tubuhnya. Pertimbangan lain adalah masalah harga yang harus disesuaikan dengan ekonomi keluarga serta ketersediaannya di pasaran.

Dengan tiga tips tadi, tindakan yang tepat bila Bunda menjatuhkan pilihan ke DANCOW 1+ EXCELNUTRI+ yang didesain khusus untuk si Kecil di usia 1-2 tahun. Sebagai inovasi baru rangkaian susu pertumbuhan, DANCOW EXCELNUTRI+ hadir untuk bantu tumbuh kembang si Kecil optimal. Mengandung lactobacillus rhamnosus, bifidobacterium longum, serat pangan inulin, vitamin A,C,E, mineral selenium, dan zink.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.

"