Stimulasi

Cegah Si Buah Hati Sakit Selama Perjalanan Mudik

06-11-2020

Cegah Si Buah Hati Sakit Selama Perjalanan Mudik

Memberikan makanan sehat untuk Si Buah Hati saat perjalanan saja tidak cukup. Bunda harus tahu Si Buah Hati sangat rentan sekali mengalami masalah kesehatan ketika diajak melakukan perjalanan jauh.

Banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut. Akan tetapi, yang paling mempengaruhi adalah turunnya daya tahan Si Buah Hati. Saat mudik, tubuh Si Buah Hati harusnya memiliki daya tahan yang lebih lemah daripada ketika Si Buah Hati di rumah. Hal ini semakin diperburuk ketika kebutuhan nutrisinya kurang terpenuhi selama perjalanan mudik.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi Bunda untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh Si Buah Hati. Pastikan perjalanan mudik dengan Si Buah Hati menyenangkan

Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati Harus Diperkuat

Untuk mencegah Si Buah Hati sakit saat perjalanan mudik, Bunda perlu memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. Apa saja yang perlu Bunda lakukan?

1. Mempersiapkan Kebugaran Sebelum Mudik

Mungkin Bunda sudah mulai mengajak Si Buah Hati untuk berpuasa di tahun ini. Itu sangat bagus. Akan tetapi, jangan sampai puasa yang dijalankan oleh Si Buah Hati menyebabkan kebugarannya menurun ya Bunda. 

Perhatikan kebugaran Si Buah Hati di minggu terakhir puasa. Tentu Bunda bisa tetap membiarkannya puasa. Namun, jika kebugarannya kurang bagus, mulailah dengan memberikan makanan sehat untuk anak yang lebih variatif.

Ajak Si Buah Hati untuk melakukan aktivitas fisik yang bisa menjaga kebugaran tubuhnya saat berpuasa. Ini tidak hanya untuk memastikan ia mampu berpuasa. Lebih dari itu, ini juga sebagai persiapan agar ia tidak mudah sakit saat perjalanan mudik nanti.

2. Siapkan Buah-Buahan

Saat di perjalanan mudik, Bunda sebaiknya membawa buah-buahan. Pilih buah-buahan yang mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Buah Hati.

3. Minum Air Putih yang Banyak

Mungkin Si Buah Hati tidak berkeringat saat perjalanan mudik. Akan tetapi, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan cairan ya Bunda. Justru saat itulah ia membutuhkan cairan dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, siapkan air putih.

4. Minum Multivitamin

Jika diperlukan, Bunda bisa bawa multivitamin. Ini akan membantu daya tahan Si Buah Hati lebih baik supaya ia tidak mudah sakit saat mudik.

 

Persiapan Mudik Harus Benar-Benar Matang

Bukan hanya kendaraan saja yang harus disiapkan dengan baik sebelum mudik. Ingat, Bunda akan membawa Si Buah Hati. Bunda juga perlu untuk fokus mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan oleh Si Buah Hati.

Yang pertama, siapkan semua hal agar ia nyaman saat di perjalanan. Jangan lupa untuk membawa bantal dan selimut. Sebisa mungkin buat ia tidur layaknya di rumah. Jika Bunda dan Ayah membawa kendaraan pribadi, buat bangku di bagian belakang sebagai tempat tidur yang nyaman untuk Si Buah Hati.

Yang kedua, bawa cemilan sehat. Ini akan membuat ia tidak mudah lapar selama perjalanan.

Yang ketiga, siapkan air hangat. Ini penting sekali karena di perjalanan nanti, tetap saja Bunda harus membuatkan susu untuk sang buah hati. Berikan susu DANCOW Advanced Excelnutri+ merupakan susu pertumbuhan untuk diatas usia 1 tahun, yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati. 

Jika diperlukan, Bunda bisa merencanakan sejak sebelum berangkat rest area mana saja yang akan disinggahi. Bunda harus ingat ada Si Buah Hati yang Bunda ajak melakukan perjalanan jauh. Biarkan ia istirahat di rest area. Si Buah Hati akan kembali bugar ketika keluar dari mobil, melakukan perenggangan sejenak, serta menghirup udara bebas di luar.

Yang terakhir, bawa juga makanan sehat untuk Si Buah Hati. Terkadang, sulit sekali untuk menemukan tempat makan yang menyediakan makanan yang sehat dan higienis untuk Si Buah Hati di perjalanan. Jadi, akan lebih baik jika Bunda buatkan bekal makanan sehat sendiri dari rumah. Ini juga akan membuat perjalanan lebih cepat karena Bunda bisa menyuapi Si Buah Hati di dalam mobil.