Nutrisi

Cara Penuhi Gizi Seimbang untuk Si Buah Hati yang Suka Pilih-Pilih Makanan

15-09-2020

menyiasati-kebutuhan-nutrisi-anak-yang-hobi-pilih-makan

Untuk tumbuh menjadi anak yang sehat, tentu Si Buah Hati membutuhkan makanan bergizi setiap hari. Namun, bagaimana kalau Si Buah Hati tercinta ternyata suka pilih-pilih makanan alias picky eater? Si Buah Hati yang picky eater biasanya menunjukkan kebiasaan seperti: tak mau mencoba makanan baru, variasi makanannya sehari-hari hanya sedikit, serta hanya mau mengonsumsi makanan yang ia sukai saja.

 

Anak prasekolah yang memiliki perilaku picky eating memang umum dijumpai. Namun jika tidak diatasi dan berlangsung dalam jangka waktu lama, kebiasaan picky eating bisa membuat Si Buah Hati kekurangan energi dan nutrisi sehingga dapat mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembangnya. Agar kebutuhan gizi Si Buah Hati yang picky eater  tetap terpenuhi, Bunda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

 

1. Berikan Contoh dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Jika Bunda jarang mengenalkan makanan bergizi atau bahkan tidak memberi contoh dengan mengonsumsi makanan bergizi, maka Si Buah Hati cenderung menjadi picky eater. Untuk membantu Si Buah Hati mengurangi kebiasaannya memilih makanan, Bunda dan Ayah harus memberikan contoh yang baik di rumah. Bagaimana pun juga, Si Buah Hati cenderung meniru perilaku sekitarnya, termasuk perilaku makan.
 

2. Bersikaplah Fleksibel saat Menghadapi Si Buah Hati

Bunda tidak dianjurkan selalu mengalah dan mengikuti kemauan Si Buah Hati dengan hanya menyediakan makanan yang mereka suka. Hal ini justru dapat membatasi kesempatan Si Buah Hati mengenal makanan lain. Respon kemauan anak sesuai batasnya, namun jangan paksa anak atau memarahinya karena ini justru bisa membuat Si Buah Hati semakin menolak makanan yang diberikan.
 

3. Ajak Si Buah Hati Mempersiapkan Makanannya

Libatkan Si Buah Hati saat mempersiapkan makanannya. Jika perlu, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati mencoba resep baru atau bahan makanan baru bersama. Dengan begitu, Si Buah Hati pun memiliki kesempatan memilih sendiri bahan makanannya dan mencoba berbagai makanan baru yang menurutnya menarik.
 

4. Batasi Asupan Gula

Terlalu banyak mengonsumsi gula atau kalori dari makanan manis membuat Si Buah Hati merasa kekenyangan sehingga ia cenderung tidak banyak makan saat waktu makan tiba. Sebaiknya jangan memberikan terlalu banyak cemilan manis atau pun minuman manis berkalori tinggi sebelum waktu makan agar Si Buah Hati tidak kekenyangan saat waktu makan tiba.

 

Selain cara-cara di atas, Bunda juga bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikannya menu makanan bergizi yang bervariasi. Tak perlu khawatir kehabisan ide karena Bunda bisa mendapatkan inspirasi menu makanan sehat bernutrisi seimbang di Piring Nutrisi DANCOW. Di sini Bunda bisa mendapatkan berbagai ide menu makanan bergizi untuk Si Buah Hati di usia prasekolah sesuai dengan poin perkembangan yang ingin ditingkatkan.