Nutrisi

Cara mengetahui apakah asupan gizi Si Buah Hati sudah seimbang

14-01-2020

Pastikan Anak Tidak Kekurangan Gizi Seimbang

Asupan makanan bergizi seimbang dan lengkap sangatlah penting untuk mendukung perkembangan Si Buah Hati. Dengan memberikan Si Buah Hati makanan yang mengandung nutrisi yang lengkap, berarti Bunda dapat mendukung tahap perkembangan anak dengan optimal. Namun, yakinkah Bunda kalau Si Buah Hati sudah mendapatkan gizi seimbang? Anak bisa saja lahap makan namun tetap kekurangan gizi karena asupan makan yang kurang tepat, lho.

 

Pentingnya Asupan Gizi Seimbang untuk Si Buah Hati

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F Suganda MKes SpGK, memenuhi kebutuhan gizi Si Buah Hati  sangatlah penting untuk tahap perkembangan anak serta meningkatkan daya tahan tubuhnya. Makanan yang seimbang akan diserap sempurna sehingga kesehatan Si Buah Hati pun akan terjaga. Inilah pentingnya memberikan makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang, bahkan sejak Si Buah Hati berusia dini. Jika Si Buah Hati kekurangan gizi sejak kecil, maka tumbuh kembangnya bisa jadi terhambat. Untuk mengetahui apakah anak kekurangan asupan gizi, cek apakah lima tanda berikut ini muncul pada Si Buah Hati.

 

1. Mudah Lelah Saat Beraktivitas

Pada dasarnya anak-anak memiliki banyak tenaga dan senang bermain, jadi jika Si Buah Hati terlihat gampang lelah atau lebih memilih malas-malasan dibanding aktif bergerak, bisa jadi anak Bunda mengalami kekurangan gizi. Mudah kelelahan biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi.

 

2. Bermasalah Saat Harus Fokus

Sulit sekali meminta Si Buah Hati fokus atau konsentrasi saat melakukan sesuatu? Ini bisa jadi tanda kalau ia kekurangan zink.

 

3. Kulit Kering

Si Buah Hati memiliki kulit yang kering dan tetap kering meski sudah diberikan pelembap? Selain karena dehidrasi, kulit kering merupakan tanda bahwa seseorang kekurangan asam lemak esensial seperti omega 3 dan 6, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan potasium.

 

4. Berat Badan Kurang atau Lebih Dari Standar

Jika berat badan Si Buah Hati turun atau naik dengan drastis tidak sesuai dibandingan dengan anak-anak seusianya, ini bisa jadi tanda bahwa anak kekurangan atau kelebihan nutrisi dan kalori.

 

5. Masalah Pencernaan (Sembelit)

Sembelit biasanya terjadi ketika anak tidak cukup mengonsumsi makanan yang berserat seperti sayur dan buah-buahan. Hal ini juga bisa terjadi ketika anak hanya memilih untuk makan makanan yang mereka sukai, padahal makanan tersebut kandungan gizinya tidak lengkap.

 

Jika Si Buah Hati tercinta mengalami beberapa atau mungkin semua tanda-tanda di atas, berarti Bunda perlu memberikan makanan yang sehat dengan gizi seimbang untuk anak. Berikan anak menu sehat yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral penting lainnya untuk memastikan tumbuh kembangnya optimal. Butuh rekomendasi menu bergizi lengkap dan seimbang untuk Si Buah Hati? Bunda, bisa dapatkan rekomendasinya di DANCOW Parenting Center, lho!

 

Selain memberikannya makanan sehat dengan gizi seimbang, Bunda juga bisa membantu lengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan anak usia diatas 1 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA),  Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin untuk membantu mencukupi kebutuhan gizinya.