Parenting

Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi di Rumah

10-11-2020

Atasi Demam pada si Kecil

Di usia balita, daya tahan tubuh si Kecil belum sesempurna orang dewasa. Hingga berusia 5 tahun, si Kecil pun mudah terserang demam. Kondisi badan yang tidak fit dan cuaca yang tak menentu juga meningkatkan risiko si Kecil terkena demam.

Tapi tahukah Bunda, demam sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, tapi merupakan tanda akan datangnya suatu penyakit. Demam bisa diakibatkan oleh pelbagai hal, seperti: infeksi virus atau suhu terlalu panas di lingkungan sekitar.

Bila terserang demam, biasanya si Kecil akan rewel, susah makan, dan tidur tidak nyenyak. Untuk itu, sebaiknya Bunda segera mengatasi demam si Kecil sebelum semakin parah. Berikut tips yang bisa Bunda lakukan saat si Kecil terserang demam:

  • Kompres dengan air hangat

Dalam istilah klinis, mengompres dengan air hangat disebut tepid. Untuk melakukannya, Bunda haruslah sediakan sebuah spons atau handuk kecil dan air hangat. Lalu letakkan kain atau spons, yang telah dibasahi air hangat, ke lipatan ketiak dan selangkangan si Kecil selama 10-15 menit. Cara ini akan membantu panas suhu keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan. Sehingga mampu menurunkan panas si Kecil.

  • Pijat dengan ramuan tradisional

Menurut penelitian Nursiyah di Universitas Negeri Semarang, Bunda dapat menurunkan demam si Kecil dengan parutan bawang merah yang dicampur dengan minyak kelapa atau minyak telon. Kemudian menempelkannya pada ubun-ubun si Kecil dan balur ke dada, punggung, dan perutnya. Bawang putih sendiri mengandung minyak atsiri atau essential oil alami yang berguna sebagai antiinfeksi dan pembunuh bakteri; serta zat sikloaliin yang ampuh untuk menurunkan suhu tubuh.

  • Minum banyak cairan

Salah satu efek dari demam adalah dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh. Karena itu, Bunda harus memberikan minuman air putih yang cukup pada si Kecil. Sehingga kondisi cairan tubuhnya tetap terjaga dan kondisinya tidak semakin semakin lemas. Selain air putih, Bunda bisa pula memberikannya makanan dan minumam seperti: sup hangat. Selain berfungsi untuk mengeluarkan keringat dari dalam tubuh, sop juga bisa memberikan nutrisi bagi si Kecil. Sehingga tubuhnya akan segera kuat kembali.

  • Jaga sirkulasi udara

Ketika si Kecil demam, ada baiknya Bunda selalu menjaga sirkulasi udara pada ruangan. Jangan sampai ruangan pengap dan tidak ada aliran udara, tapi juga jangan pula terlalu banyak angin masuk dalam ruangan. Sebab sirkulasi udara yang kurang memadai menghambat pengeluaran panas tubuh sehingga mempercepat kenaikan suhu si Kecil.

Begitu juga dengan pakaian yang dikenakannya. Sebaiknya Bunda menghindari selimut tebal yang menutupi tubuh si Kecil. Dan menggantikannya dengan pakaian berbahan katun yang nyaman dan dapat menyerap keringat.

Yang harus Bunda ingat, cara-cara itu hanya bisa dilakukan bila suhu tubuh si Kecil tidak melonjak di atas 38 derajat Celcius dan terjadi lebih dari tiga hari. Bila itu yang terjadi, segeralah memeriksakan si Kecil ke dokter.

DANCOW Bisa Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi