Stimulasi

Cara Mendidik Anak Agar Mandiri

09-07-2019

Ketahui cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng

Excerpt: Kemandirian pada anak tidak bisa datang sendiri. Kemandirian perlu dilatih oleh orangtua dengan berbagai cara.

 

Melihat Si Kecil tumbuh menjadi anak yang mandiri mungkin merupakan impian semua orangtua. Sejak bayi, Si Kecil memang sudah bergantung pada orangtuanya sebagai perlindungan. Namun memasuki usia yang semakin besar, Bunda bisa mulai melatih kemandiriannya sebagai bekalnya untuk menapaki   kehidupan di masa depan saat beranjak dewasa. Pertanyaannya bagaimana cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng?

Namun sayangnya, pembentukan sosok kemandirian dalam diri seorang anak sering terhalang oleh orangtua yang bermaksud baik, tetapi sebenarnya adalah sebuah kesalahan.

Risiko bagi anak yang tidak mandiri

Menurut Jim Taylor, Ph.D., dosen dari University of San Francisco dalam tulisannya yang diterbitkan laman Psychology Today, ada beberapa orangtua malah menumbuhkan ketergantungan pada anak mereka. Orangtua tipe ini umumnya bertindak atas kebutuhan mereka sendiri, dengan menggunakan kekuasaan, kendali serta paksaan untuk memastikan bahwa mereka tetap menjadi kekuatan dominan dalam kehidupan anak-anak mereka. Hal ini bukan cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng yang terjadi justru kebalikannya.

Si Kecil yang tidak mandiri akan tumbuh menjadi orang yang mudah  bergantung pada orang lain dalam berbagai aspek, bahkan, untuk apa yang mereka rasakan tentang diri mereka sendiri. Berikut ciri-ciri anak yang tidak mandiri.

  • Selalu membutuhkan orang lain untuk memberi mereka dorongan dalam mencapai sesuatu.
  • Selalu bergantung pada orang lain untuk kebahagiaan mereka karena mereka tidak memiliki kepemilikan atas hidup mereka.
  • Kurang bertanggung jawab atas pikiran, emosi, dan tindakan mereka sendiri.
  • Lemah dalam membuat keputusan karena terbiasa selalu diatur oleh keputusan orangtua.
  • Cenderung menjadi tidak bahagia karena hanya mengikuti setiap keputusan orang lain tanpa memikirkan apa yang sebenarnya mereka inginkan, hanya untuk menyenangkan orang tersebut.
  • Lemah dalam menghadapi kesulitan hidup, dan cenderung lebih mudah stres atau depresi karena merasa setiap langkah yang mereka ambil adalah kesalahannya, bukan pelajaran.

Cara Mendidik  Anak Agar Mandiri dan Tidak Cengeng

Kemandirian bukanlah suatu hal yang dapat diperoleh anak-anak dengan sendirinya. Mereka tidak memiliki perspektif, pengalaman, atau keterampilan untuk mengembangkan kemandirian tanpa campur tangan Anda. Untuk melatih si Kecil berikut beberapa cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng yang bisa Bunda lakukan:

  • Beri Si Kecil rasa cinta dan hormat. Jangan biarkan Si Kecil merasa tidak disayangi atau tidak diharapkan.
  • Berhenti mengendalikan dan mulai melatih Si Kecil mengembangkan keterampilannya. Tugas Anda adalah mendukung Si Kecil agar ia dapat berkembang. Yakinlah pada kemampuan Si Kecil, dan buat ia percaya pada kemampuannya sendiri.
  • Ajari mereka bahwa mereka memiliki kendali atas kehidupan mereka sendiri.
  • Berikan bimbingan dan kemudian beri kebebasan untuk mereka membuat keputusan sendiri. Tentu saja hal ini harus tetap di bawah pengawasan orangtua.
  • Ajarkan tentang tanggung jawab, misalnya membereskan mainan setelah selesai bermain, meletakkan barang di tempatnya setelah selesai digunakan, dan lainnya. Jangan lupa juga ajarkan Si Kecil tentang konsekuensi jika  tidak memenuhi tugas atau tanggung jawabnya. Hal ini akan mengajarkan mereka untuk tidak mengabaikan tanggung jawab mereka sendiri.
  • Biarkan Si Kecil bereksplorasi, tetapi dengan tetap menjaga keamanan dan memastikan keselamatannya. Untuk memastikan Si Kecil tetap terlindungi, penuhi nutrisinya dengan sajian bergizi seimbang setiap hari. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas, yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil.

Pada akhirnya, semua anak akan tumbuh dan menjalani hidup mereka sendiri. Bagaimana mereka hidup nantinya akan bergantung pada cara mendidik anak agar mandiri dan tidak cengeng  agar kita mampu mengatasi dan mengendalikan anak kita.