Cara Melatih Keberanian Si Kecil Sejak Dini | DANCOW Parenting Center
Stimulasi

Cara Melatih Keberanian Si Kecil Sejak Dini

09-07-2019

temukan cara mendidik anak yang pemalu

Excerpt: Keberanian sangat diperlukan untuk mengembangkan diri seseorang. Karena itu, melatih keberanian Si Kecil sejak dini penting sebagai bekal kehidupannya kelak.

 

Kesuksesan kita sebagai orangtua bukan hanya dilihat dari seberapa banyak prestasi yang diraih Si Kecil, tetapi seberapa baik kita menyiapkan anak-anak kita untuk mengembangkan kepribadiannya dalam menghadapi kehidupannya kelak. Untuk mewujudkan semua itu, kita sebagai orangtua perlu memberi dukungan dan melatih mereka dalam hal pengembangan karakter terutama ketika si Kecil cenderung pemalu, nah bagaimana cara mendidik anak yang pemalu?

Salah satu karakter yang harus dikembangkan dalam menghadapi kehidupan adalah keberanian. Karakter ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan dirinya sendiri kelak. Untuk melatih keberanian Si Kecil sejak dini, Bunda bisa mencoba beberapa cara berikut: 

  1. Dukung Si Kecil bereksplorasi

Menurut Susan Davis, Ph.D., dalam bukunya yang berjudul Raising Children Who Soar, rasa keberanian seorang anak bisa berubah tergantung pada situasinya. Beberapa anak mungkin memang cenderung pemalu ketika bertemu dengan orang asing, tetapi mereka tidak takut ketika mencoba sepeda barunya. Kabar baiknya, semua anak-anak memiliki keinginan untuk mengeksplorasi dunia mereka. Itulah mengapa sangat penting untuk mendorong minat dan jiwa   petualang, serta kepercayaan diri Si Kecil, ini yang menjadi kunci cara mendidik anak yang pemalu. Jangan terlalu banyak membatasi eksplorasi mereka ya, Bunda!

 

Agar Si Kecil tetap terlindungi saat bereksplorasi, penuhi nutrisinya dengan sajian bergizi seimbang setiap hari. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas, yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil.

 

  1. Beri Si Kecil Waktu

Beberapa anak suka mencoba hal baru dengan penuh semangat, sementara yang lain lebih memilih menahan diri karena malu atau tidak ingin mencoba apa pun sampai mereka 100 persen yakin bisa melakukannya dengan benar. Jika Si Kecil pemalu, turunkan sedikit ekspektasi Bunda. Berikut cara mendidik anak yang pemalu, tak perlu merasa terganggu karena Si Kecil terus menempel dengan Bunda, beri ia sedikit waktu untuk ‘pemanasan’ sampai ia terbiasa di dalam lingkungan tersebut dan mulai percaya diri. Saat ia merasa nyaman, itulah waktunya Bunda untuk mulai mendorongnya.

 

  1. Pujilah keberaniannya

Dalam usianya, Si Kecil mulai belajar tentang perbedaan benar dan salah, untuk mulai  memahami bagaimana orang lain bisa terluka. Tetapi, butuh keberanian untuk membela apa yang ia tahu itu benar. Anda bisa membantunya dengan memuji Si Kecil jika ia berani membela seorang anak yang diejek atau ia berani mengembalikan mainan kepada pemiliknya, serta pujian lainnya ketika ia melakukan tindakan yang berani secara positif adalah poin penting cara mendidik anak yang pemalu.

 

  1. Suasana yang familiar

Jangan terburu-buru memaksakan Si Kecil untuk terjun dalam situasi baru, biarkan ia mencobanya sendiri. Jika Bunda ingin ia bergaul dengan teman baru, buatlah playdate yang menggabungkan teman-teman lama dengan beberapa teman baru, sehingga ia tidak terlalu merasa asing. Dengan begitu, ia akan lebih mudah berbaur dengan teman barunya.

 

  1. Beri ia ‘ruang’

Wajar jika Bunda ingin Si Kecil cukup aman saat meninggalkan rumah. Namun, tidak ada salahnya jika Bunda lebih berani untuk membiarkan Si Kecil bermain dengan teman-temannya di luar rumah, mengeksplorasi dunia mereka yang menyenangkan. Beri mereka ruang dengan tetap mengawasinya dan berhati-hati. Menurut Dr. Reznick, penulis The Power of Your Child's Imagination: Transform Stress and Anxiety Into Joy and Success, dengan memberi Si Kecil sedikit ruang akan meningkatkan kepercayaan dirinya sehingga ia dapat menaklukan rasa takut yang krusial dari cara mendidik anak yang pemalu.

 

  1. Latih keberanian lewat permainan

Untuk Si Kecil yang berusia lebih muda, ajak ia bermain permainan yang melatih keberaniannya. Permainan yang paling sederhana adalah permainan petak umpet (hide and seek). Permainan ini sebagai pelajaran paling awal yang melatihnya untuk menghadapi perpisahan, dimana Bunda akan bersembunyi, dan biarkan ia mencari keberadaan Bunda, hingga akhirnya Bunda dan Si Kecil bertemu kembali. Dengan begitu, ini akan menjadi pelajaran awal untuk melatih  keberanian dengan cara yang menyenangkan.

Itulah beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk melatih keberanian Si Kecil sejak dini. Kuncinya, beri Si Kecil waktu dan ruang untuk bereksplorasi, serta mengembangkan keberaniannya. Biarkan ia melakukannya dengan nyaman dan tanpa paksaan.