Nutrisi

Cara Cek Gizi Seimbang untuk Si Buah Hati

09-03-2020

Cara Cek Gizi Seimbang Makanan Anak

Bunda, pernahkah mendengar slogan "Gizi Seimbang"? Slogan ini begitu melekat dalam benak kita, padahal sudah didengungkan sejak kita masih kanak-kanak. Namun, tahukah Bunda bahwa slogan ini sudah tidak dipakai lagi sebagai pedoman makanan sehat, terutama untuk Si Buah Hati?

Pedoman Gizi Seimbang untuk Si Buah Hati

Jika menurut konsep Empat Sehat Lima Sempurna, tidak peduli berapa jumlahnya, selama anak mengonsumsi karbohidrat, lemak, protein, juga sayur dan buah-buahan, akan dianggap telah terpenuhi gizinya dan terbilang sehat. Padahal jika dicermati dengan konsep Pedoman Gizi Seimbang, jika pola makan tinggi karbohidrat, tinggi lemak, sedikit protein, sedikit sayur dan buah, maka tidak bisa dikatakan sehat.

Tumpeng Gizi Seimbang: Apa yang Harus Disantap Si Buah Hati Setiap Harinya

Dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang, makanan untuk anak tak sekadar harus bergizi, melainkan jumlah gizinya harus lengkap dan seimbang. Selain itu juga, untuk menjawab kekhawatiran Bunda tentang berat badan ideal anak, maka Bunda bisa mengecek "Tumpeng Gizi Seimbang" yang bisa dijadikan panduan untuk menakar jumlah dan kelengkapan nutrisi dalam makanan Si Buah Hati.

Menurut pedoman ini, setiap harinya tubuh kita membutuhkan asupan:

  1. Karbohidrat 3-4 porsi
  2. Protein 2-4 porsi
  3. Sayuran 3-4 porsi
  4. Buah 2-3 porsi
  5. Air putih minimal 8 gelas

Nah, porsi ini bisa kita sesuaikan dengan takaran yang pas untuk Si Buah Hati, termasuk juga dengan cara persiapan makanan, dan pemberian bumbu atau perasa pada makanan.

Isi Piringku: Cara Sederhana untuk Cek Gizi Seimbang dalam Satu Porsi Makanan Si Buah Hati

Setelah mengetahui "Tumpeng Gizi Seimbang", sekarang saatnya Bunda untuk mengecek kandungan gizi seimbang dalam satu porsi makanan Si Buah Hati, langkah demi langkah, menggunakan poin-poin berikut:

  1. Porsi Makanan Pokok

Dalam setiap kali makan, porsi makanan pokok (nasi, kentang, roti tawar, pasta, dsb.) harus mengisi 2/3 dari setengah piring makan Si Buah Hati.

Lantas, seberapa besar piring yang digunakan untuk makan anak? Bunda bisa menjadikan jumlah atau volume makanan pokok sebagai patokan. Contohnya, makanan pokok berfungsi sebagai sumber karbohidrat yang menjadi bahan bakar Si Buah Hati untuk beraktivitas. Maka Bunda tinggal lihat berapa banyak anjuran karbohidrat yang disarankan untuk usia anak Bunda, dan gunakan jumlah itu sebagai patokan.

 

  1. Porsi Buah dan Sayuran

Jika dilihat dalam diagram "Isi Piringku", porsi sayuran dalam satu piring saji sebanding dengan porsi makanan pokok. Sedangkan porsi buah sebanyak 1/3 dari setengah piring. Jadikan jumlah atau volume makanan pokok sebagai pembanding banyaknya buah dan sayuran dalam piring Si Buah Hati, tentunya dengan mengecek anjuran konsumsi dari kandungan nutrisi buah dan sayur untuk usia anak Bunda. Kandungan nutrisi buah dan sayur (zat besi, kalsium, dsb) ini bisa dilihat di pedoman Angka Kecukupan Gizi anjuran Kementerian Kesehatan RI.

 

  1. Porsi Protein

Dalam pedoman "Isi Piringku" terdapat bagian lauk pauk yang bisa diisi dengan sumber protein hewani (ikan, ayam, daging, telur, susu, dan makanan laut), maupun nabati (kacang-kacangan, tempe, dan tahu). Porsi lauk pauk dalam "Isi Piringku" adalah 1/3 dari setengah bagian piring.

 

  1. Porsi Garam, Gula, dan Minyak

Di puncak piramida makanan yang lebih sempit dari bagian lainnya dalam "Tumpeng Gizi Indonesia" terdapat gambar sendok gula, garam dan minyak. Artinya konsumsi gula, garam, dan minyak harian tidak boleh terlalu banyak, terutama untuk Si Buah Hati.

Selain pembagian porsi "Isi Piringku" tersebut, jangan lupa untuk memastikan makanan disiapkan dengan cara yang tepat untuk menghindari kehilangan nutrisi. Terlalu lama merebus sayuran cenderung akan membuat nutrisinya hilang. Misalnya saja, vitamin C dalam sayuran, seperti bayam, brokoli, dan selada bisa hilang sebanyak 50% saat direbus. Hindari juga memberi anak makanan yang diolah dengan minyak yang berlemak tinggi. Cari tahu bagaimana cara memenuhi kebutuhan gizi anak yang efektif dan efisien dengan fitur Piring Nutrisi dari tim kesehatan DANCOW Parenting Center.

Nah, semoga panduan ini bermanfaat untuk membantu Bunda menyiapkan makanan bergizi lengkap dan seimbang untuk Si Buah Hati. Bantu penuhi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikan dua gelas DANCOW 3+ dengan Nutritods setiap hari, yang diformulasikan khusus untuk anak di masa Prasekolah usia 3-5 tahun dengan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, tinggi zat besi & zink, tinggi vitamin A & C, omega 3 & 6, serta Lactobacillus rhamnosus. Nutrisi yang tercukupi penting untuk membantu melindungi kesehatan Si Buah Hati saat belajar dan bereksplorasi di masa Prasekolah. Dengan begitu, Bunda dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. 

Mau tahu, cara menyiapkan makanan yang mengandung gizi seimbang untuk Si Buah Hati? Bunda bisa mendapatkan rekomendasinya di Piring Nutrisi  #Nutritods101 #ToddlerExpert #PreschoolExpert.