Stimulasi

Bunda, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Anak Selalu Sehat & Aktif

12-11-2020

Ini Cara Meningkatkan Imunitas Anak

Keadaan yang sedang dihadapi seluruh dunia saat ini, memang membuat Bunda harus mempersiapkan dan mencari cara meningkatkan imunitas anak. Semakin lama saat ini berjalan, tak terasa Bunda pun harus semakin memikirkan berbagai cara agar kesehatan Si Buah Hati dan keluarga tetap terjaga selalu. Kira-kira apa lagi ya, hal yang mesti dilakukan di rumah untuk mendukung anak supaya senantiasa sehat dan aktif, terutama di situasi seperti sekarang ini?

Sesungguhnya ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membantu meningkatkan imunitas anak, misalnya dengan memberikan susu pertumbuhan untuk anak, makanan yang bergizi, melakukan kegiatan fisik, dan berbagai cara lainnya. Bunda tak perlu khawatir apalagi panik dan was-was dalam menghadapi saat ini ini, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mendukung Si Buah Hati tetap sehat dan aktif.

  1. Cuci Tangan & Mandi dengan Rutin

Ajarkan Si Buah Hati untuk selalu rajin cuci tangan. Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menurut penelitian, mencuci tangan dengan sabun juga melindungi anak-anak dari penyakit pencernaan seperti diare dan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Cuci tangan dengan sabun dapat mencegah hingga 50% penyakit yang berhubungan dengan pencernaan pada anak-anak serta dapat mencegah hingga 20% penyakit yang disebabkan infeksi saluran pernapasan. Selain rutin cuci tangan di waktu-waktu yang diperlukan (sebelum dan sehabis makan, setelah buang air, setelah memegang barang, dll), jangan lupa untuk mengajarkan Si Buah Hati dan anggota keluarga lainnya untuk rutin mandi dengan bersih setiap kali selesai beraktivitas dari luar. Dengan langsung mandi, Si Buah Hati atau pun anggota keluarga lainnya tidak membawa kuman penyebab penyakit ke dalam rumah.

 

  1. Bersihkan Area/Benda yang Sering Dipegang di Rumah dengan Desinfektan

1
Secara berkala, bersihkanlah area-area atau benda-benda yang sering dipegang menggunakan disinfektan. Misalnya saja seperti gagang pintu, pegangan tangga, keran air, dll. Karena sering dipegang, benda-benda ini bisa saja menjadi tempat berkumpulnya kuman penyakit. Jika tidak dibersihkan secara berkala, maka dapat memindahkan kuman penyakit dari satu tangan ke tangan lainnya saat digunakan.

 

  1. Siapkan Beragam Buah dan Sayur
    Rajin memasukkan buah dan sayur ke dalam menu makanan Si Buah Hati dan anggota keluarga adalah salah satu cara meningkatkan imunitas anak. Buah dan sayur mengandung nutrisi berupa vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selalu sempatkan memasak sayur dan menyajikan buah dalam jumlah 50% dari piring Si Buah Hati tiap hari agar kebutuhan nutrisi Si Buah Hati terjaga.

 

  1. Olahraga Bersama

1
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tak ada salahnya melakukan aktivitas yang menggerakkan badan seperti olahraga. Agar waktu olahraga jadi lebih menyenangkan, ajaklah Si Buah Hati berolahraga menggunakan peralatan di rumah atau menari mengikuti video lagu favorit Si Buah Hati di YouTube. Paling penting adalah Bunda dan Si Buah Hati melakukan aktivitas yang menggerakkan badan, sebagai salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh anak.

 

  1. Istirahat cukup
    Setelah beraktivitas seharian di rumah, jangan lupa tidur ya, Bunda. Pastikan Si Buah Hati mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari.  Tidur yang cukup juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, lho.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Sejak Dini dengan Asupan Sehat

Selain langkah tadi, bunda juga bisa membantu lindungi kesehatan Si Buah Hati dengan memberikan asupan nutrisi lengkap dan seimbang. DANCOW 3+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Bantu dukung  eksplorasi  masa Prasekolah Si Buah Hati usia  3-5 tahun #PreschoolExpert.

9 dari 10 Ibu berpendapat, DANCOW 3+ Nutritods bantu anak saya terlihat aktif.* Sebagai #PartnerBunda DANCOW Nutritods terus dampingi Bunda untuk #TerusLindungiEksplorasi Si Buah Hati.  Selain cara meningkatkan imunitas anak, Bunda juga bisa mencari tahu berbagai nutrisi yang penting untuk #TerusLindungiEksplorasi Si Buah Hati di sini.

*Berdasarkan hasil uji coba 369 anggota Home Tester Club Indonesia April 2020