Bolehkan Si Kecil Konsumsi Menu Keluarga di Usia Satu Tahun? | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Bolehkan Si Kecil Konsumsi Menu Keluarga di Usia Satu Tahun?

23-04-2019

menu-makan-anak-satu-tahun

Seiring bertambahnya usia Si Kecil, semakin banyak kejutan yang terjadi di masa tumbuh kembangnya! Salah satunya adalah kemampuan makan Si Kecil. Setelah berusia satu tahun, ia mulai bisa mengonsumsi menu makan keluarga. Tapi, apa benar ini artinya ia sudah dibolehkan melahap nasi, serta lauk-pauk, yang biasa dikonsumsi Bunda dan Ayah? Apakah ada hal tertentu yang mesti diperhatikan untuk membuat menu makan anak 1 tahun?

Tahap Perkembangan Anak Satu Tahun

Mari kita kenali lebih dulu kemampuan makan Si Kecil di usia satu tahun, Bunda. Menurut ahli gizi dari Politeknik Kesehatan Negeri Jakarta, Pritasari SKM, Mkes; sistem pencernaan dan oromotor (sistem gerak otot rongga mulut) anak usia satu tahun sudah siap mengonsumsi makanan keluarga sehari-hari. Namun, disarankan pemberian menu keluarga dilakukan bertahap, mengingat kemampuan mengunyah dan mencerna Si Kecil masih dalam proses penyesuaian. 

Panduan Pemberian Makan Si Kecil Usia Satu Tahun

Lalu, bagaimana cara memastikan bahwa menu yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan anak satu tahun? Berikut ini adalah checklist (daftar pertanyaan), yang dapat Bunda gunakan sebagai panduan dalam memberikan makanan Si Kecil.

  • Apakah Kandungan Gizinya Cukup & Seimbang?

Seperti Bunda ketahui, asupan gizi yang cukup di dua tahun pertama kehidupan Si Kecil tidak hanya memengaruhi pertumbuhan fisik, tapi juga perkembangan kecerdasannya saat dewasa. Untuk itu, Bunda direkomendasikan untuk memastikan menu makan anak 1 tahun  mengandung gizi yang cukup dan seimbang.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip Piring Makanku yang digagas Kementerian Kesehatan RI. Ini merupakan panduan yang menyarankan bahwa dalam sekali makan, piring Si Kecil harus terdiri dari makanan pokok (nasi), lauk-pauk (ikan/tempe), buah-buahan (pisang), serta sayur-mayur (sayur bayam). Dengan catatan, jumlah buah dan sayur adalah separuh (50%) dari total jumlah makanan dalam piring. Sementara, separuhnya lagi adalah makanan pokok dan lauk pauk. Selain itu, dianjurkan porsi sayur lebih banyak dibandingkan buah, dan porsi makanan pokok lebih banyak dari porsi lauk-pauk. Bunda dapat mencari inspirasi menu bergizi seimbang, sekaligus mengecek kecukupan asupan nutrisi Si Kecil melalui Piring Nutrisi DANCOW.

  • Apakah Porsi & Frekuensi Makan Si Kecil Sesuai Kebutuhan?

Jumlah makanan Si Kecil sebaiknya memenuhi kebutuhan kalori hariannya. Pada usia satu tahun misalnya, Si Kecil membutuhkan sekitar 550 kkal setiap hari. Bunda juga perlu tahu bahwa kebutuhan energi meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Oleh sebab itu, pemberian makanan perlu bertambah secara bertahap dari segi jumlah dan frekuensi, agar kebutuhan kalori dan nutrisi Si Kecil terpenuhi.

  • Apakah Tekstur Makanan Sesuai Kemampuan Makan Si Kecil?

Di usia 12 bulan, pada umumnya dua gigi seri bawah dan atas Si Kecil sudah tumbuh. Disusul dengan tumbuhnya dua gigi di samping gigi seri atas, sekitar usia 13 bulan.  Dengan susunan gigi seperti ini, Si Kecil belum bisa mengunyah dengan baik makanan bertekstur padat dan kenyal, seperti daging sapi atau ayam. Untuk itu, Bunda sebaiknya memilih daging cincang atau ayam suwir, supaya lebih mudah dikunyah Si Kecil.

  • Apakah Bahan Makanan Terjamin Keamanan & Kebersihannya?

Menurut rekomendasi WHO, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan saat menyiapkan makanan untuk Si Kecil. Di antaranya, menjaga kebersihan dan kesegaran makanan, mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, pastikan makanan panas hingga mengeluarkan uap saat memanaskannya, dan sebaiknya tidak memanaskan makanan lebih dari sekali. 

Untuk membantu lengkapi kebutuhan gizi Si Kecil, Bunda dapat memberikannya susu pertumbuhan saat sarapan dan juga sebelum tidur. DANCOW Adavanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun yang mengandung vitamin (A, C, E), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta Lactobacillus rhamnosus, dan serat pangan inulin untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan optimal.

Nah, semoga info di atas dapat membantu Bunda untuk menyiapkan menu makan anak 1 tahun yang tepat, dan mengandung gizi yang cukup. Dengan begitu, Bunda dapat membantu melindungi kesehatan Si Kecil, sehingga tak perlu ragi bilang #IyaBoleh untuk mendukungnya bebas bereksplorasi.