Stimulasi

Bermain Sambil Membuat Susu Coklat Bantu Stimulasi Kemampuan Bahasa Anak

24-12-2020

Berikan Anak Susu Pertumbuhan

Ada banyak cara untuk menstimulasi kemampuan Si Buah Hati, salah satunya adalah bermain sambil menikmati segelas susu pertumbuhan untuk menstimulasi kemampuan bahasanya. Stimulasi kemampuan bahasa merupakan kegiatan yang penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati dengan optimal. Dengan stimulasi bahasa yang tepat, Bunda turut membantu perkembangan kognitif Si Buah Hati.

 

Kemampuan Bahasa Si Buah Hati Usia Satu Tahun

Di usia satu tahun, kosakata Si Buah Hati memang masih terbatas. Ia biasanya menggunakan bahasa yang lebih ekspresif serta interaktif, misalnya menunjuk barang untuk menyampaikan keinginannya. Ia juga sudah bisa mengucapkan beberapa nama objek yang sering ia lihat serta dapat menyebut nama. Meski kosakata Si Buah Hati masih terbatas, Bunda justru sebaiknya sering mengajak bicara Si Buah Hati agar kemampuan bahasanya semakin baik. Bahkan menurut sebuah penelitian dari Stanford, dengan rajin mengajak Si Buah Hati berbicara, akan membantu anak belajar dan memperbanyak kosa katanya saat tumbuh dewasa nanti.

1

 

Baca Juga: 5 Aktivitas Mudah untuk Menambah Kosakata Si Buah Hati

 

Cara Seru Asah Kemampuan Bahasa Si Buah Hati

Untuk menstimulasi kemampuan bahasanya, melakukan permainan sambil membuat susu dengan rasa coklat yang jadi favorit Si Buah Hati bisa jadi pilihan kegiatan yang menyenangkan dibandingkan harus fokus belajar bahasa saja. Salah satu permainan yang bisa Bunda lakukan bersama Si Buah Hati adalah permainan melengkapi kata.  

 

Cara bermainnya pun mudah, misalnya saat Si Buah Hati meminta dibuatkan susu pertumbuhan, mulailah dengan tanya jawab seperti: tanyakan susu apa yang dia inginkan, di mana ia ingin minum susu tersebut, kapan ia ingin minum, dan seterusnya. Sambil bertanya, pastikan Bunda mengulangi jawaban Si Buah Hati dengan kata-kata yang benar untuk memperbaiki pengucapannya. Misal, jika Si Buah Hati mengucapkan jawaban “cucu coklat” untuk mengungkapkan ia ingin susu coklat, maka Bunda bisa mengulang dengan bertanya “susu coklat?” sampai mendapatkan anggukan atau jawaban iya dari Si Buah Hati. Jika Si Buah Hati menginginkan susu coklat, Bunda sebenarnya tak perlu terlalu khawatir.

2

 

 

Selain kegiatan tanya jawab tadi, saat membuatkan susu pertumbuhan, Bunda juga bisa menambahkan kosakata satu per satu secara bertahap. Misal saat Si Buah Hati hanya mengucapkan kata “susu” untuk mengungkapkan ia ingin minum susu, Bunda membantu lengkapi dengan kata “minum susu” dan ajak Si Buah Hati untuk mengulanginya. Kemudian tambahkan lagi satu kata menjadi kalimat seperti “mau minum susu”. Lakukan ini terus menerus dan tambahkan kata sedikit demi sedikit sehingga akhirnya Si Buah Hati bisa mengucapkan sebuah kalimat lengkap seperti “Bunda, aku mau minum susu coklat”.

 

Sambil terus mengasah kemampuan bahasanya, biarkan Si Buah Hati menikmati segelas susu DANCOW Coklat. Tahukah Bunda, 9 dari 10 Ibu berpendapat, DANCOW 1+ Nutritods bantu anak saya terlihat aktif*.

 

DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan  yang diformulasi untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun, dengan kandungan  0 gram sukrosa, lebih  banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6,serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Dengan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang, Bunda dapat membantu #TerusLindungiEksplorasi Si Buah Hati.

 

Untuk mendukung kemampuan bahasanya, selain dengan stimulasi permainan sambil membuat segelas susu pertumbuhan, berikan juga Si Buah Hati makanan dengan nutrisi lengkap dan seimbang.  Bunda juga bisa  cari tahu nutrisi penting apa lagi yang wajib dikonsumsi Si Buah Hati agar Bunda dapat membantu lindungi eksplorasinya lewat Piring Nutrisi DANCOW!

 

*Berdasarkan hasil uji coba 361 anggota Home Tester Club Indonesia April 2020