Parenting

Bermain Payung dan Jas Hujan di Musim Pancaroba

10-11-2020

Bermain Payung dan Jas Hujan di Musim Pancaroba

Musim hujan telah datang! Biasanya si Kecil akan meminta diberi kesempatan untuk bermain hujan-hujanan di luar rumah. Orang tua cenderung menolak dan melarangnya berhujan-hujanan untuk memproteksi si Kecil dari penyakit flu.

Padahal, ada beberapa cara untuk menjaga badan tetap fit, tidak hanya teratur berolahaga dan mengonsumsi makanan bernutrisi untuk memberikan perlindungan dari dalam, tapi juga memakai perlengkapan yang tepat seperti jas hujan dan payung.

Kenali pemilihan dan pemakaian jas hujan serta payung yang tepat untuk membantu menjaga kesehatan si Kecil dan mengurangi risiko cidera.

Pilih Bahan dan Ukuran yang Tepat

Biasanya anak-anak yang mencapai tahapan usia 5+ sedang aktif-aktifnya bergerak dan  bereksplorasi ke sana ke mari, walau sedang diguyur hujan. Pilih bahan jas hujan yang tidak mudah sobek tapi lentur sehingga tidak menghalangi geraknya. Selain itu belikan ukuran yang pas agar tidak kedodoran atau kesempitan.

Jas hujan yang kebesaran justru menghambat gerakan dan dapat menyebabkan anak tersandung. Tapi jika terlalu kecil, dapat mengurangi kenyamanan sekaligus tidak dapat melindungi tubuh dari air hujan secara optimal. Payung pun demikian, semakin besar ukurannya, akan semakin berat dan menyulitkan si Kecil untuk membuka dan memegangnya di tengah hujan.

Pakai dengan Benar

Pemakaian jas hujan dan payung yang benar tidak hanya melindungi tubuh dari air hujan tapi juga mencegahnya dari kerusakan. Untuk jas hujan, pilih yang dilengkapi kancing atau resleting sehingga memudahkan pemakaian dan melindungi tubuh lebih baik daripada yang berjenis poncho. Dengan pemakaian yang benar, jas hujan dan payung bisa menjadi proteksi yang aman bagi si Kecil.

Perawatan Tepat

Setelah menggunakan jas hujan, gantung hingga air hujan mengering. Jangan melipatnya dalam keadaan basah ya karena dapat menstimulasi tumbuhnya jamur, lembab, bau, dan berisiko terkena penyakit kulit. Sedangkan untuk payung cukup buka dan keringkan hingga tidak ada sisa air. Lipat setelah kering dengan hati-hati agar jeruji besi tidak merobek kain payung.

Selain menggunakan jas hujan dan payung, ekspresikan cinta Bunda dengan melengkapinya juga dengan sepatu karet yang dapat mencegah si Kecil terpeleset dan bebas dari penyakit gatal-gatal pada kulit kaki.