Stimulasi

Bermain Air Sambil Melatih Kecerdasan Anak? Ikuti Trik Ini!

03-12-2019

Bermain dengan Air Sebagai Stimulasi Kecerdasan Anak

Ada apa dengan anak-anak dan air? Pamela Taylor, instruktur pengembangan anak usia dini di Grant MacEwan College di Edmonton, mengungkapkan bahwa anak-anak kecil memang cenderung tertarik pada air. Air membangkitkan rasa ingin tahu mereka, dan menjadikannya materi permainan yang menarik dan tanpa batas.

Namun, anak-anak tidak perlu berenang untuk mendapatkan manfaat dari bermain dengan air. Dr. Suzy Green, psikolog klinis yang juga merupakan pendiri The Positivity Institute mengatakan bahwa permainan air untuk anak-anak tidak berarti harus berada di kolam, namun bisa dilakukan hanya dengan mengisi ember dengan air dalam jumlah kecil untuk bersenang-senang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan melihat gambar air, dan terutama warna birunya, sudah memiliki efek pemulihan untuk kita Karena itulah, ketika Si Buah Hati berlama-lama saat mandi, atau iseng bermain dengan genangan air di jalan, Bunda bisa arahkan kegiatan tersebut untuk menstimulasi kecerdasan anak.

Inspirasi Permainan Air yang Seru dan Edukatif

Bagaimana cara membuat permainan dengan air menjadi bermanfaat untuk kecerdasan Si Buah Hati?

  1. Eksperimen Tenggelam atau Terapung

Meskipun bagi orang dewasa permainan ini terlihat sepele, namun bagi Si Buah Hati, konsep tenggelam atau terapung merupakan hal yang sama sekali baru. Konsep tenggelam atau terapung juga merupakan bagian dari pelajaran fisika dasar, yaitu tentang kepadatan dan daya apung benda. Dengan eksperimen ini, Bunda secara tidak langsung mengasah kecerdasan anak dengan cara yang menyenangkan!

 

Cara bermain: taruh berbagai benda ke dalam wadah yang berisi air, dan minta Si Buah Hati untuk menebak, benda mana yang akan tenggelam, dan benda mana yang akan terapung. Setelah selesai, Bunda dapat menjelaskan alasan mengapa masing-masing benda memiliki reaksi berbeda ketika ditaruh di dalam air.

 

  1. Laboratorium Warna

Air dan warna, dua hal yang jadi favorit Si Buah Hati. Ketika keduanya digabungkan, tidak hanya bersenang-senang, Si Buah Hati pun dapat menambah pengetahuannya! Mencampurkan warna memberikan kesempatan anak untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan. Kegiatan ini membantu melatih kontrol dan koordinasi tangan dan mata; melatih konsentrasi anak; melatih cara berpikir ilmiah dengan memprediksi-mencoba-membandingkan hasil campuran warna; membantu mengingat nama-nama warna; dan mengenalkannya pada warna-warna sekunder hasil campuran warna primer yang sebelumnya mungkin belum pernah dilihatnya. Ditambah lagi ia dapat mengasah daya imajinasinya dengan bermain pura-pura menjadi ilmuwan atau penyihir ajaib yang sedang mencampur ramuan.

 

  1. Tebak Huruf dengan Semprotan Air

Jika Bunda selama ini menunda memberikan Si Buah Hati mainan pistol air atau semprotan air karena ia belum cukup besar untuk menggunakannya, mengapa tidak memberikannya sebagai hadiah untuk ulang tahun anak? Usia tiga tahun merupakan usia yang tepat untuk melatih motorik sekaligus mengasah kecerdasannya.

Cara bermain: Pasang target berupa huruf-huruf dengan jarak yang dapat dijangkau semprotan air, lalu ajak Si Buah Hati untuk mengarahkan semprotan air ke arah huruf yang Bunda minta. Tak hanya efektif untuk mengenalkan alfabet pada anak, kegiatan ini juga mengasah konsentrasi, koordinasi mata dan tangan ketika mengarahkan target semprotan. Kontrol motorik halus juga terlatih karena ia harus menggunakan otot kecil di tangannya untuk menarik pelatuk pada semprotan air.

Tidak perlu khawatir membebaskan Si Buah Hati bereksplorasi dengan air, asalkan Bunda dapat membantu perlindungan kesehatannya. Salah satu caranya dengan memastikan ia mendapatkan asupan gizi yang lengkap dan seimbang. Bantu cukupi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan anak usia diatas 1 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin. Dukung juga kecerdasan anak dengan stimulasi yang tepat sesuai usia, melalui 5 permainan edukatif ini, Bunda.