Berikut Ini Tips Menyajikan Menu Sayur untuk Si Kecil | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Berikut Ini Tips Menyajikan Menu Sayur untuk Si Kecil

12-05-2018

Ini Dia Resep Sayur untuk Anak 2 Tahun

Hari ini Si Kecil makan wortel dalam sup dengan lahap, tapi esok hari dia bilang tidak suka wortel. Lalu, di lain waktu ia menolak saat disuapi resep sayur untuk anak 2 tahunseperti sayur bayam. Pernah punya pengalaman seperti ini, Bunda?

Kebanyakan orang tua bisa jadi mengalami hal yang sama, karena ini merupakan bagian dari fase tumbuh kembangnya. Menurut Nancy Hudson, ahli nutrisi dari University of California, Berkeley, sangat wajar jika Si Kecil usia prasekolah tiba-tiba jadi pemilih dan bahkan mendadak tidak menyukai makanan tertentu. Apalagi, kalau mereka ditawari menu yang sama dalam beberapa waktu makan. Ini karena Si Kecil masih berpikir egosentris di mana ia lebih mementingkan dirinya sendiri dalam berbagai situasi. Nah, supaya Si Kecil tidak bosan makan sayur, Bunda perlu membuat variasi menu sayurannya. Berikut ini adalah beberapa alternatif menu sayur yang bisa Bunda buat di rumah. Yuk, disimak!

  1. Tumis Sayur

Menu sayur yang satu ini bisa terlihat menarik bagi Si Kecil, karena biasanya terdiri dari beragam sayuran aneka warna. Misalnya saja, Bunda dapat memilih buncis, brokoli, jagung, dan tomat, yang warnanya kontras sebagai sajian sayurannya. Untuk menambah cita rasa, Bunda juga dapat menambahkan sedikit kaldu ayam atau sapi. Saat memasak, Bunda disarankan tidak menumis sayuran dalam waktu lama ya. Ini supaya tekstur sayuran masih tetap renyah dan kandungan nutrisinya tetap terjaga.

  1. Sayur Bening

Bunda bisa membujuk Si Kecil mengonsumsi sayur dengan membuatkan menu berkuah. Banyaknya kandungan air di dalam menu ini bisa mempermudah Si Kecil untuk mengunyah makanan. Selain itu, sayur bening juga minim bumbu yang membuat rasa dan aromanya tidak tajam. Jadi, ini bisa menjadi menu alternatif ketika Si Kecil bosan dengan sayuran berkuah kaldu. Beberapa sayuran yang cocok dibuat menjadi resep sayur kuah untuk anak di antaranya adalah bayam, oyong, buncis, dan lobak.

  1. Sayur Kukus

Sayuran yang dikukus teksturnya lembut, sehingga mudah dikunyah oleh Si Kecil. Beberapa jenis sayuran yang cocok diolah dengan direbus di antaranya, wortel, labu siam, brokoli, bunga kol, dan buncis. Supaya penyajiannya makin menarik, Bunda bisa mencetak sayuran menjadi aneka bentuk yang unik. Contohnya, bentuk wortel menjadi bintang. Selain itu, Bunda juga bisa lho menambahkan bumbu ke dalam air kukusan agar rasa sayuran lebih nikmat, misalnya irisan bawang putih, minyak wijen, atau perasan jeruk nipis.

  1. Sayur Panggang

Olahan sayur yang dipanggang memiliki tekstur yang unik, Bunda. Lembut di dalam, renyah di luar! Ini tentu bisa membuat pengalaman baru Si Kecil saat menikmati sayuran. Jadi, Bunda bisa coba membuat resep sayur untuk anak usia 2 tahun dengan memanggang bunga kol, brokoli, atau terong. Untuk membuat rasanya sedikit manis, Bunda juga dapat memasukkan potongan labu atau ubi dan memanggangnya bersama sayuran tersebut.

Sayuran penting dikonsumsi Si Kecil tiap hari, karena mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mendukung kesehatannya. Untuk itu, pastikan Bunda membujuk Si Kecil melahap sayuran dengan membuat kreasi menu seperti di atas. Bantu lengkapi asupan nutrisi Si Kecil dengan membuatkan susu pertumbuhan. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ mengandung protein, kalsium, zat besi, vitamin A, C, D; dan Lactobacillus rhamnosus, untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Kesehatan yang terlindungi tentu bisa mendukungnya untuk bereksplorasi. Dengan begitu, Bunda tak perlu ragu lagi katakan #IyaBoleh saat ia ingin bereksplorasi.

Yuk Bunda, buat kreasi resep sayur untuk anak usia 2 tahun yang menarik, supaya Si Kecil mau mengonsumsi sayur!