Parenting

Berenang, Membangun Rasa Percaya Diri Si Kecil

10-09-2018

Berenang, Membangun Rasa Percaya Diri Si Kecil

 

Setiap anak menyukai air. Bahkan umumnya, si Kecil akan gemar bermain air. Entah itu kala mandi, waktu Bunda tengah menyirami tanaman di halaman rumah, di kolam renang atau pantai.

Berdasarkan sebuah penelitian di Universitas Negeri Medan, berenang tidak hanya aktivitas bermain bagi si Kecil. Olahraga air ini pun sangat menunjang perkembangan fisik motorik si Kecil, yakni motorik kasar dan motorik halus. Karena itu, penting bagi Bunda untuk mengajari si Kecil agar lebih mengenal air, terlebih kegiatan berenang, sejak dini.

Selain menunjang perkembangan motorik si Kecil lebih optimal, berenang juga memiliki sejumlah manfaat:

1. Momen Interaksi Menyenangkan si Kecil dengan Bunda

Berenang bersama Bunda dan Ayah tidak hanya menjadi momen belajar mengenal air bagi si Kecil. Keberadaan Bunda dan Ayah juga akan memberikan rasa senang, nyaman, dan bahagia untuk si Kecil. Kebersamaan di kolam renang itu pun akan menambah ikatan emosi dan interaksi antara si Kecil dan orang tua.

2. Meningkatkan Kebugaran

Dalam jurnal olahraga Efektivitas Pembelajaran Renang Gaya Crawl Antara Anak Usia 5 Tahun dengan Anak Usia 7 Tahun, Supriyanto menyatakan bila renang dapat memelihara dan meningkatkan kebugaran si Kecil. Juga menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan otot maupun mempercepat pertumbuhan tulang, dan latihan untuk keselamatan diri.

3. Melatih Rasa Percaya Diri

Melalui berenang, si Kecil akan memperoleh kesempatan untuk bergerak dengan bebas dan leluasa. Kebebasan dan keleluasaan itu merupakan rangsangan yang luar biasa, terutama untuk aspek psikologis. Seperti memupuk keberanian, perasaan mampu, serta rasa percaya diri si Kecil.

4. Merangsang Perkembangan Otak

Ketika berenang, si Kecil akan menggerakkan seluruh anggota tubuh. Menurut Totok Budiarto dalam Naskah Publikasi Ilmiah Pusat Kebugaran Ibu, Bayi, dan Balita di Surakarta, seluruh gerakan yang dilakukan si Kecil selama berenang akan merangsang perkembangan otak, menguatkan saraf, dan membuat kerja otak semakin efisien.

5. Belajar Sosialisasi

Di kolam renang, si Kecil akan bertemu banyak orang. Mulai dari anak kecil seusianya, hingga orang dewasa. Di momen ini, secara tidak langsung ia akan belajar bersosialisasi dan tidak takut bila berada di tempat umum.

6. Berani Mencoba Hal Baru

Selain bermain air, belajar berenang akan membuat si Kecil memupuk diri untuk belajar terhindar dari bencana, seperti tenggelam. Terbiasa berada di kolam yang cukup dalam untuk ukuran usianya pun akan membuatnya belajar berani mencoba hal baru, meski itu tampak menyeramkan. Hingga ia tumbuh dengan percaya diri yang tinggi.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.