Bentuk Imajinasi Si Kecil Lewat Permainan Lego | DANCOW Parenting Center
Stimulasi

Bentuk Imajinasi Si Kecil Lewat Permainan Lego

08-31-2018

Bentuk Imajinasi Si Kecil Lewat Permainan Lego

"

Bermain seharusnya menjadi aktivitas utama yang dilakukan anak-anak. Sayangnya, jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain turun drastis dalam beberapa tahun terakhir, karena banyak yang beralih ke kegiatan pasif seperti menonton TV atau bermain dengan gadget. Akibatnya, si Kecil terancam kehilangan kesempatan penting untuk mengembangkan kemampuan kognitif yang penting bagi proses belajar dan tumbuh kembangnya.

Yuk, dukung stimulasi dan imajinasi si Kecil lewat permainan Lego!

Membangun Cerita
Gunakan Lego sebagai perlengkapan untuk membangun cerita. Bisa diambil dari aktivitasnya sehari-hari atau mencontek dari buku favoritnya. Asah kemampuan psikomotoriknya untuk menyusun bentuk bangunan rumah, sekolah, orang, atau mobil yang mendukung jalan ceritanya. Biarkan si Kecil mengarang dan menentukan jalan ceritanya sendiri untuk mengembangkan daya imajinasinya. Selain itu, menyusun Lego akan mengasah kemampuan atensi dan memorinya.

Membuat Bentuk Favoritnya
Menggunakan Lego, si Kecil dapat mengasah imajinasinya membangun berbagai bentuk yang diinginkan. Mulai dari gedung tinggi, kendaraan, hewan, dan tumbuhan. Asah juga kemampuan bahasanya dengan sesekali mengajukan pertanyaan tentang apa yang sekarang dia bangun, warna yang digunakan, atau pemberian nama yang cocok.

Menggunakan Tema
Si Kecil dapat menggunakan tema-tema tertentu saat bermain dengan Lego, misalnya tema peternakan dengan kandang dan hewan ternak, istana dengan kuda dan benteng tinggi besar, atau kebun binatang dengan penjaga dan hewan-hewan liar di dalamnya.
Dukung stimulasinya dengan menjelaskan cara kerja dan aktivitas yang dilakukan di peternakan, atau hewan apa saja yang biasa ada di dalam kebun binatang. Jawab pertanyaannya dengan bijak dan jelaskan dengan kata-kata sederhana, agar mudah dipahami anak-anak yang berada pada tahapan usia 3+.

Wujudkan Cita-cita
Lego juga bisa digunakan si Kecil untuk mewujudkan cita-citanya selama ini. Misalnya, ingin menjadi koki handal, Lego dapat digunakan untuk membangun restoran impiannya yang bergaya modern dan dilengkapi aneka fasilitas canggih untuk membuat makanan. Atau ingin menjadi pilot yang menerbangkan pesawat super canggih, wujudkan alat transportasi udara dengan komponen-komponen Lego yang dibangun sesuai dengan kreativitas anak.

Asah imajinasinya dengan menyediakan dan memberikan kesempatan untuk bermain Lego ya, Bunda.

"DANCOW Dukung Cinta Bunda untuk Si Kecil"

"