Parenting

Benarkah Momen Menyuapi Makanan Penting untuk Kesehatan Si Buah Hati?

01-12-2020

Pola asuh anak penuh kasih sayang

Setiap Bunda tentu ingin memberikan yang terbaik bagi Si Buah Hati, termasuk dengan menerapkan pola asuh anak yang penuh kasih sayang. Salah satu bentuknya adalah dengan menyuapi atau menikmati makan bersama Si Buah Hati tercinta. Meski kelihatannya sederhana, saat melakukan kegiatan ini Bunda perlu memberikan perhatian penuh pada Si Buah Hati. Kenapa momen ini jadi penting dan benarkah menyuapi atau makan bersama Si Buah Hati berpengaruh pada kesehatannya?  

 

1

 

Bunda mungkin pernah membaca tips parenting seputar bagaimana cara memberi makan Si Buah Hati, namun tahukah Bunda mengapa momen memberi makan anak adalah momen yang penting saat mengasuh Si Buah Hati? Menurut sebuah penelitian di tahun 2004, momen makan bersama Si Buah Hati tak hanya bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan gizi anak & mempererat hubungan antara orang tua dan anak, tapi juga berpengaruh penting pada kesehatan fisik, emosional, dan psikis Si Buah Hati. Inilah mengapa momen memberi makan Si Buah Hati tiap hari tak boleh dianggap sepele. Untuk memaksimalkan momen makan bersama dengan Si Buah Hati di rumah, Bunda bisa melakukan beberapa hal ini:

 

  1. Jangan Makan Sambil Main Gadget atau Menonton TV Agar Tidak Makan Berlebihan

Bunda mungkin tergoda menyetel TV atau menggunakan gadget untuk membujuk Si Buah Hati mau makan. Padahal ini kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan fisik Si Buah Hati. Menurut penelitian, menonton TV dapat mempengaruhi jumlah asupan makanan yang dikonsumsi Si Buah Hati karena mereka tidak fokus pada makanan. Si Buah Hati bisa saja makan lebih banyak atau justru makan lebih sedikit ketika perhatiannya teralihkan oleh gadget atau TV.

 

  1. Tidak Memaksa Anak Makan Agar Ia Tidak Trauma Terhadap Makanan Tertentu

Untuk menerapkan pola asuh anak yang penuh kasih sayang, sebisa mungkin hindari memaksa Si Buah Hati memakan hidangan yang disajikan ya, Bunda. Jika sering memaksa Si Buah Hati makan makanan yang tidak mereka suka, bahkan sampai memberikan hukuman, hal ini justru akan membuat Si Buah Hati trauma sehingga mereka makin menghindari makanan-makanan tersebut.

 

Baca Juga: Terapkan Pola Asuh Berikut Ini Agar Si Buah Hati Mandiri

 

3. Makan Bersama Keluarga untuk Mengajarkan Si Buah Hati Kasih Sayang

2

 

Makan bersama keluarga membuat interaksi antara orang tua dan anak semakin dekat. Bunda bisa memanfaatkan momen ini untuk berkomunikasi dengan Si Buah Hati misalnya bertanya apa yang dialami Si Buah Hati hari itu. Saat makan bersama, jangan sibuk sendiri seperti bermain handphone atau malah tidak mengacuhkan anak. Jika Si Buah Hati bercerita saat waktu makan, tunjukkan perhatian dengan menatap dan menanggapi ucapan. Dengan begitu, secara emosional Si Buah Hati akan merasa dicintai, aman, dan dapat terbuka kepada orang tuanya.

 

Saat melakukan berbagai tips tadi, Bunda juga harus memberikan perhatian penuh saat menyuapi atau makan bersama Si Buah Hati, ya. Selain menerapkan pola asuh anak usia dini yang penuh kasih sayang, jangan lupa berikan juga nutrisi lengkap dan seimbang untuk dukung tumbuh kembang Si Buah Hati. DANCOW 3+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. DANCOW Nutritods 3+ juga tersedia dalam rasa coklat yang dibuat dengan coklat asli dan punya kandungan nutrisi yang sama dengan DANCOW Nutritods lainnya. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir memberikan susu coklat ke Si Buah Hati. Cobain kelezatan coklat asli DANCOW 3+ Nutritods rasa Coklat, dan bantu #TerusLindungiEksplorasi Si Buah Hati.

 

Tak hanya saat menyuapi atau menemani anak makan, terapkan juga pola asuh anak penuh kasih sayang dalam kegiatan lainnya agar pertumbuhan Si Buah Hati optimal ya, Bunda. Dengan begitu, Si Buah Hati akan tumbuh dengan baik dan aktif bereksplorasi setiap hari.