Nutrisi

Bekal Menarik dan Bergizi untuk Si Kecil

12-09-2018

Bekal Menarik dan Bergizi untuk Si Kecil

"

Wah, tidak terasa, si Kecil sudah usia 5 tahun ya, Bunda. Di usia ini, si Kecil pun memasuki masa pra-sekolah. Ingin membuat ia bersemangat ke sekolah? Bunda bisa menyiasatinya dengan mempersiapkan bekal yang unik dan menarik untuk si Kecil. Jangan lupa, selain bentuknya yang menarik, perhatikan juga komposisi gizinya, ya.

Selain mengurangi kebiasaan si Kecil jajan di sekolah, membawa bekal juga menjamin kebersihan makanan yang diasup si Kecil. Berikut tips dan trik yang bisa membantu Bunda mempersiapkan bekal si Kecil!

1. Diskusi dengan si Kecil

Agar bersemangat menyantap bekal, Bunda bisa menanyakan si Kecil tentang jenis menu yang ingin dibawanya ke sekolah. Bunda bisa mengajak si Kecil mempersiapkan bahan perbekalan, sehari sebelumnya. Cara ini juga bisa membuat si Kecil bertanggung jawab dengan pilihan dan merasa bahwa bekalnya sesuai dengan keinginan.

2. Cari referensi bekal si Kecil

Bunda bisa pula memperbanyak referensi menu dan kreasi bekal si Kecil. Bisa melalui buku resep atau situs-situs di dunia maya. Variasi menu akan membuat si Kecil tak bosan menyantap bekal di sekolah.

3. Pilih menu bekal nan praktis

Agar mudah mempersiapkannya di pagi hari, pilihlah menu yang praktis tapi tetap bergizi. Memperhatikan komposisi gizi pada bekal si Kecil sangatlah penting, untuk menunjang pertumbuhannya. yang dapat Bunda lakukan adalah memastikan bekal si Kecil terdapat sayuran berserat tinggi dan makanan yang mengandung protein, misalnya daging, ikan, telur dan susu yang mengandung asam amino esensial untuk menunjang pertumbuhan si Kecil.

Agar mengenyangkan, jangan pula mengisi bekal dengan pilihan karbohidrat seperti nasi, kentang, atau mi. Perlu juga santapan yang mengandung kalori, sebagai sumber energi. Misalnya olahan biji–bijian seperti kacang polong.

4. Bawakan si Kecil bekal buah-buahan

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan si Kecil, Bunda bisa membekalinya dengan buah-buahan dan minuman. Bekal buah juga berguna untuk kelancaran metabolisme si Kecil. Agar lebih mudah disantap, potong atau bentuklah lauk, sayuran, dan buah dengan ukuran kecil atau sekali suap.

5. Hindarilah membawakan si Kecil menu bekal yang terlalu manis

Makanann yang terlalu manis akan mengganggu selera makan si Kecil. Jangan pula membekalinya dengan makanan yang berlemak, ya Bunda.

6. Kreatif dalam penyajian bekal

Agar si Kecil bersemangat menyantap menu bekalnya, Bunda harus kreatif dalam menyajikannya. Seperti membuat bentuk bekal tampak menarik dengan model bento. Bento sendiri berasal dari istilah bahasa Jepang untuk bekal yang dibawa-bawa dalam kemasan praktis dengan bentuk unik. Misalnya, membentuk nasi dengan berbagai karakter atau membawakan nasi goreng yang berbalut telur dadar.

7. Mengoleksi beragam kotak makanan

Kotak makan yang berbentuk unik dan beragam warna tentu akan membuat si Kecil semangat dalam membawa menu bekalnya. Tak hanya itu, ia pun bakal senang membuka dan memakan bekal bersama teman-teman sekolah.

Menurut konsultan gizi dan masakan sehat alami, Wied Harry Apriadji, pertumbuhan otak si Kecil berakhir setelah menginjak 5 tahun. Meski begitu, asupan makanan bergizi tetap harus menjadi perhatian Bunda. Yang terpenting, si Kecil harus tetap menyantap sayuran aneka warna, buah-buahan segar, makanan pokok kaya serat, tinggi kalsium, kaya protein, juga lemak sehat.

Sementara penulis buku Bento Karakter Unik, Yulyan Parwati mengatakan, bekal si Kecil harus terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran dan juga buah-buahan. "Porsi masing-masing asupan disesuaikan dengan selera. Sementara penyajiannya bisa dibentuk dengan karakter dan perpaduan warna yang menarik," tulis Yulyan.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi

"