Nutrisi

Bantu Penuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil dengan Konsumsi Buah Lokal

26-06-2019

9 Buah Lokal untuk Si Kecil

Rasa buah yang manis dan segar, membuatnya mudah disukai oleh kebanyakan orang, termasuk Si Kecil. Apalagi, buah juga memiliki bentuk dan warna yang menarik. Ini bisa membantu menambah nafsu makannya. Nah, konsumsi buah perlu dibiasakan sejak dini untuk mendukung kesehatan anak, terutama saluran cernanya. Bahkan, konsumsi buah yang mengandung serat larut seperti mangga dan apel, bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak diare secara alami.

Saat diare, fungsi saluran cerna Si Kecil dalam menyerap makanan mengalami gangguan. Akibatnya kadar cairan di dalam saluran pembuangan tidak dapat diserap, dan menyebabkan tekstur feses menjadi cair. Kandungan serat larut dalam buah, bekerja seperti spons yang dapat membantu menyerap kelebihan cairan di saluran pencernaan Si Kecil dan memadatkan tektur feses. 

Kenalkan Si Kecil dengan Buah Lokal

Tentu, ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah secara rutin. Sebagai alternatif, Bunda dapat memberikan buah lokal kepada Si Kecil. Ketua organisasi nonprofit Masyarakat Pecinta Buah dan Sayur Nusantara (MPBSN), Mieke Suswono, menyarankan Bunda mengonsumsi buah lokal. Sebab, buah ini tidak melewati proses pascapanen berupa pengawetan, justru langsung dipetik dan dijual saat sudah matang. Cara ini dapat membantu menjaga kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga. Selain itu, buah lokal juga lebih mudah didapatkan dan lebih terjangkau harganya dibanding buah impor.

Rekomendasi Buah Lokal untuk Si Kecil

Berikut ini adalah beberapa buah lokal yang bisa Bunda dapatkan di pasar tradisional hingga supermarket.

  1. Pisang Ambon

Sebuah studi dalam Journal of American Society of Hypertension menemukan bahwa karbohidrat, serat, vitamin B, dan potasium, dalam pisang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sementara, kandungan pektin dalam pisang bermanfaat sebagai salah satu cara mengatasi diare anak secara alami

  1. Nanas Madu

Enzim bromelain dalam buah nanas dapat meredakan peradangan yang diakibatkan oleh infeksi penyakit. Selain itu, vitamin C di dalamnya dapat mendukung daya tahan tubuh Si Kecil untuk melawan kuman penyebab penyakit.

  1. Jambu Biji

Kandungan vitamin C dalam jambu biji dua kali lebih banyak dibanding jeruk. Jadi, Bunda dapat mencukupi asupan vitamin C Si Kecil dengan memberikannya buah lokal ini. Selain  buahnya, air rebusan daun jambu biji  juga bermanfaat untuk meringankan gejala diare yang berlendir pada anak karena mengandung flavonoid kuersetin.

  1. Sawo

Buah ini mengandung kalori dan antioksidan tinggi, serta sumber vitamin dan mineral. Sawo bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan saluran cerna.

  1. Manggis

Buah berwarna ungu dengan kandungan vitamin C, B1, B2, zat besi, kalsium, dan protein, ini berkhasiat untuk mendukung fungsi otak dan saraf Si Kecil, melancarkan sirkulasi darah, mencegah obesitas, serta mendukung fungsi saluran pencernaan.

  1. Pepaya

British Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa pepaya terbukti memiliki kandungan beta karoten tiga kali lipat dibanding wortel dan tomat. Beta karoten memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan mata Si Kecil.

 Selain menyuguhkan beragam buah lokal di atas, Bunda perlu membantu melengkapi asupan nutrisi Si Kecil dengan membiasakannya mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ mengandung vitamin A, C, D, E; zat besi, dan Lactobacillus rhamnosus untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Yuk, pastikan kebutuhan gizi Si Kecil tercukupi dengan memasukkan buah ke dalam menu hariannya! Buah lokal bisa menjadi pilihan yang baik untuk Si Kecil, karena kesegaran dan kandungan nutrisinya relatif terjaga. Jadi, biasakan Si Kecil untuk mengonsumsi buah setiap hari ya, Bunda. Ini juga menjadi salah satu cara mengatasi diare anak secara alami . Dengan kondisi pencernaan yang sehat, ia tentu bisa bebas untuk bereksplorasi, sehingga Bunda tidak perlu ragu lagi bilang #IyaBoleh  pada Si Kecil.