Nutrisi

Bantu #LindungiLangkahEksplorasi Si Buah Hati dengan Asupan Zat Besi

02-02-2021

Manfaat gizi seperti zat besi untuk imun tubuh anak

Si Buah Hati yang memasuki usia Prasekolah membutuhkan sistem imun tubuh yang baik agar ia bisa aktif bereksplorasi. Sangatlah wajar jika anak-anak di usia Prasekolah (3-5 tahun) sedang aktif-aktifnya, karena Si Buah Hati yang berada pada rentang usia ini memang banyak bergerak sepanjang hari untuk tumbuh kembangnya. Untuk bantu #LindungiLangkahEksplorasi Si Buah Hati yang mulai aktif di usia tiga tahun ke atas, Bunda perlu menyajikan makanan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang. Nah, ternyata manfaat gizi yang cukup dan seimbang untuk Si Buah Hati begitu penting bagi Si Buah Hati, ya.

Ada berbagai makanan yang dapat mendukung imun tubuh yang mengandung berbagai makronutrien dan mikronutrien. Namun, tahukah Bunda bahwa salah satu mikronutrien yang penting untuk membantu lindungi eksplorasi Si Buah Hati di masa Prasekolah adalah zat besi? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.


1. Zat Besi Membantu Meningkatkan Imun Tubuh

image

Agar bebas bereksplorasi setiap hari, tentu sistem imun tubuh Si Buah Hati harus terjaga dengan baik. Sebagai salah satu mikronutrien yang baik bagi sistem imun, zat besi membantu pembuatan radikal bebas yang dapat membunuh patogen serta merupakan salah satu komponen enzim yang penting bagi sel kekebalan tubuh. Dengan tercukupinya asupan zat besi, Si Buah Hati akan mendapatkan perlindungan untuk bisa tetap bereksplorasi sesuka hati.

2. Zat Besi Membantu Mencegah Anemia

image

Pada negara maju, anemia kebanyakan disebabkan oleh kurang zat besi. Sedangkan pada negara berkembang seperti Indonesia, setengah dari kasus anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi. Anemia sendiri merupakan sebuah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat sehingga bisa berefek kepada perkembangannya. Si Buah Hati yang mengalami kekurangan zat besi biasanya menunjukkan gejala: penambahan berat badan yang lambat, kondisi kulit yang pucat, tidak nafsu makan, dan gampang marah (rewel, ngambek). Dengan kondisi tubuh yang tidak fit, tentunya Si Buah Hati akan sulit untuk bereksplorasi setiap hari. Jadi, tak ada salahnya memberikan asupan zat besi untuk membantu mencegah Si Buah Hati terkena anemia.

 

Baca Juga: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Sejak Dini dengan Asupan Sehat

 

3. Zat Besi Mendukung Perkembangan Motorik Anak

image

Beberapa penelitian yang pernah dilakukan menemukan hasil bahwa ketika anak-anak yang kekurangan zat besi mendapatkan asupan zat besi, maka anak-anak tersebut mengalami peningkatan pada kemampuan motorik kasar dan halus. Inilah mengapa manfaat gizi seperti asupan zat besi dapat membantu tumbuh kembang Si Buah Hati jadi lebih optimal. Tentunya dengan kemampuan motorik yang baik, Si Buah Hati bisa belajar sekaligus bereksplorasi sesuka hati.

 

Banyak Anak Masih Kekurangan Zat Besi

 
image

Menurut Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Indonesia, anak usia 3 tahun memerlukan 7mg zat besi per hari, sedangkan anak usia 4-5 tahun membutuhkan asupan 10 mg zat besi per hari. Sayangnya, tak hanya di Indonesia, di seluruh dunia masalah kekurangan zat besi melanda lebih dari 2 miliar penduduk. Ada pun kelompok yang berisiko tinggi terkena masalah kekurangan zat besi adalah: balita, anak-anak, remaja, dan khususnya wanita hamil. Di Indonesia sendiri, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) jumlah prevalensi balita yang menderita anemia pada tahun 2018 meningkat menjadi 38,5% yang sebelumnya 28,1% di tahun 2013. Ini berarti masalah kekurangan zat besi pada balita di Indonesia masih cukup signifikan. Untuk itu, sebisa mungkin Bunda melakukan pencegahan dengan selalu melengkapi asupan zat besi dan mikronutrien lainnya pada menu makanan Si Buah Hati sehari-hari ya, Bunda. Zat besi secara alami bisa ditemukan pada bagian daging yang minim lemak, seafood, kacang-kacangan atau pun polong-polongan (kacang merah, kacang polong, kedelai, dll).

Jika perlu, Bunda bisa bantu lengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikannya DANCOW 3+ Nutritods. DANCOW 3+ Nutritods  dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus.


Bagaimana Bunda, sekarang sudah lebih paham tentang manfaat gizi seperti zat besi untuk Si Buah Hati, kan? Satu hal yang perlu dicatat adalah pastikan Bunda memberikan asupan nutrisi yang seimbang. Ini merupakan salah satu cara untuk mendukung sistem imun tubuhnya, agar Bunda bisa terus bantu #LindungiLangkahEksplorasi Si Buah Hati dan membantu mengoptimalkan perkembangannya. Yuk, rayakan setiap proses dan pencapaiannya di masa Prasekolah, dan jadilah Bunda yang bangga dengan gabung di Gerakan 1 Juta #BundaBangga.