Parenting

Bantal Istimewa Rangsang Kemampuan Berpikir Si Kecil

10-11-2020

Bantal Istimewa Rangsang Kemampuan Berpikir Si Kecil

Pada tahapan usia 1+, kebanyakan anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur daripada terjaga. Sleep for Kids Organization, organisasi yang mengkaji tentang pentingnya tidur bagi anak-anak dari Amerika Serikat, menekankan pentingnya tidur untuk si Kecil karena mempengaruhi tumbuh kembang fisik dan emosional, proses belajar, serta perkembangan kemampuan kognitifnya.

Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur si Kecil, seperti mengalami mimpi buruk, peningkatan kemampuan psikomotoriknya yang pesat, dan kecemasan menghadapi perpisahan. Tempat tidur yang kurang nyaman juga membuatnya sering menolak tidur. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memilih bantal yang nyaman untuk tidur.

Berbahan Lembut

Kulit si Kecil yang masih lembut dan kepala yang belum terlalu keras memerlukan bantal yang berbahan lembut. Penggunaan kain berkualitas rendah dapat menyebabkan iritasi seperti kemerahan, bintik-bintik, dan gatal-gatal.

Selain itu, pilihlah bahan kain yang hypoallergenic agar tidak menstimulasi reaksi alergi berupa mata berair, kulit kemerahan, dan gangguan saluran pernafasan. Sebelum membeli, raba permukaan kain bantal dan hindari yang terasa panas dan tidak nyaman di kulit. Sebagai orang tua, mengeluarkan uang ekstra akan lebih baik daripada harus mengorbankan kenyamanan tidur si Kecil.

Tahan Lama

Bahan yang digunakan untuk membuat bantal wajib dipertimbangkan. Belilah bantal yang terbuat dari bahan yang tidak hanya lembut, tapi tahan terhadap proses pencucian, dan dapat mempertahankan bentuknya. Cobalah untuk membeli bantal berbahan polyester yang dapat dicuci dengan tangan atau mesin. Selain itu, perlindungan si Kecil dari reaksi alergi yang dipicu oleh penggunaan bulu untuk pengisi bantal.

Ukuran Bantal

Ukuran bantal merupakan faktor terpenting yang harus dipertimbangkan sebelum membelinya. Bantal yang kebesaran dapat menutupi wajah si Kecil dan berbahaya untuk keselamatan si Kecil. Selain itu, ia tidak akan mendapatkan rasa nyaman yang dicari dan tidur dengan gelisah. Libatkan aksi cerdas anak-anak dengan membawanya saat akan membeli bantal, minta untuk mencobanya dan memilih mana yang paling nyaman. Tidak hanya baik untuk menunjang waktu istirahatnya, kegiatan ini juga memberinya kebebasan untuk menentukan pilihan dan mengasah kemampuan penyelesaian masalah.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu orang tua dalam memilih bantal yang tepat dan nyaman bagi si Kecil ya.