Bagaimana Cegah Diare Dengan Prebiotik? | DANCOW Parenting Center
Stimulasi

Bagaimana Cegah Diare Dengan Prebiotik?

08-31-2018

Bagaimana Cegah Diare Dengan Prebiotik?

"

Bunda pasti pernah panik atau bahkan pontang-panting saat si si Kecil diare, kan? Bukan main kasihan saat penyakit diare pada si Kecil ini menyerang. Bunda tidak perlu panik, sebenarnya saluran pencernaan si Kecil usia satu tahun masih berkembang. Imunitasnya pun baru terbentuk sekitar 30% dari orang dewasa. Perubahan asupan makanan ataupun minuman dapat menyebabkan perubahan terhadap tekstur / keras-lembiknya BAB si Kecil.

Namun harus tetap hati-hati mengawasi apakah yang dialami si Kecil merupakan diare yang sebenarnya. Ciri-ciri diare adalah sebagai berikut: ditandai dengan BAB cair lebih dari tiga kali dalam sehari. Jika BAB si Kecil masih berampas dan frekuensinya tidak lebih dari 3 kali, maka Bunda tidak perlu khawatir. Yang perlu diingat, berikan banyak minum untuk mencegah dehidrasi.

Untuk mencegah si Kecil dari diare yang mengganggu, maka saluran cernanya harus dirawat dan dijaga dengan baik. Bunda, tahu tidak di dalam saluran cerna terdapat bakteri baik dan bakteri jahat yang saling berkompetisi. Agar saluran cerna tetap sehat, bakteri baik harus dominan dibanding bakteri jahat. Kalau diibaratkan bakteri baik sebagai pasukan tentara yang ingin melawan musuh untuk mempertahankan kerajaan. Anggap saja saluran cerna adalah kerajaan. Supaya para tentara menang, maka dibutuhkan bala tentara dan makanan yang cukup untuk para tentara. Nah, tentara bantuan yang siap melawan musuh ini disebut probiotik dan makanan bagi para tentara tersebut ialah prebiotik. Jadi Bunda, agar jumlah bakteri baik dominan ada di dalam saluran cerna si Kecil, maka perlu menambahkan bakteri baik (probiotik) dan memberikan prebiotik sebagai makanan probiotik.

Seberapa Penting Sih Probiotik dan Prebiotik itu?

Jawabannya, sangat penting. Dengan kehadiran si prebiotik ini, maka probiotik akan bekerja dengan seimbang. Nah, supaya yang jahat bisa dihadang, kita perlu yang baik dong, Bunda. Oleh karena itulah, Prebiotik sangat penting dikonsumsi untuk membantu fungsi sistem pencernaan si si Kecil. Lalu di mana dong bisa mendapatkan prebiotik?

Sumber-sumber prebiotik gampang ditemui kok, Bunda. Selain pisang, si Kecil juga sebaiknya diberi minuman yang mengandung prebiotik seperti Susu Pertumbuhan DANCOW EXCELNUTRI+ 1+, 3+ dan 5+ yang memiliki kandungan prebiotik Inulin. Selain itu, DANCOW EXCELNUTRI+ 1+, 3+ dan 5+ juga mengandung Probiotik yang merupakan kombinasi Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium longum  yang dapat membantu melindungi saluran cerna si Kecil. Dengan mengkonsumsi probiotik dan prebiotik secara rutin dan teratur, akan membantu pencernaan si Kecil  semakin sehat. Bunda tak perlu khawatir lagi si Kecil terserang diare.

Bunda mana sih yang tidak mau si Kecilnya tumbuh dan berkembang secara optimal dan menjadi si Kecil yang sehat terlindungi? Jika si Kecil sehat terlindungi, dia dapat belajar secara lebih percaya diri dan optimal bukan? Coba kita lihat yuk, Bunda, apa saja yang bisa kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan prebiotik si si Kecil sehingga si Kecil dapat terhindar dari risiko penyakit diare. 

"