Bagaimana Cara Kenalkan Makna Puasa pada Si Buah Hati Sejak Dini? | DANCOW Parenting Center
Parenting

Bagaimana Cara Kenalkan Makna Puasa pada Si Buah Hati Sejak Dini?

02-06-2019

Tips Optimalkan Perkembangan Anank di Bulan Suci

Meski Si Buah Hati belum diwajibkan berpuasa di bulan Ramadan, namun Bunda dapat mengenalkannya makna puasa sejak dini. Hal ini penting untuk membantunya belajar tentang keimanan pada Sang Pencipta, sekaligus mendukung perkembangan anak yang optimal.

Ya Bunda, Ramadan bisa jadi momen yang tepat untuk kembangkan kemampuan sosial Si Buah Hati. Sebab, di bulan suci ini Bunda dapat menumbuhkan sikap peduli untuk berbagi pada sesama.Menurut psikolog Ratih Ibrahim, S.Psi., anak yang mempunyai kepedulian dapat belajar untuk berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain.  Dengan begitu, ia dapat memiliki sikap toleransi dan mampu beradaptasi di berbagai situasi. Hal ini tentu dibutuhkannya sebagai bekal untuk menjadi anak yang unggul.

Cara Seru Kenalkan Makna Ramadan pada Si Buah Hati

Bagaimana ya, cara mengenalkan makna Ramadan pada Si Buah Hati? Bunda, dapat mengajaknya melakukan beberapa kegiatan menyenangkan berikut ini.

1. Membuat Takjil dan Membagikannya ke Tetangga

Berpuasa itu salah satunya adalah menahan lapar dan dahaga. Namun, Si Buah Hati biasanya tidak sabar menanti datangnya waktu berbuka puasa. Untuk itu, Bunda dapat melatih kesabarannya dengan cara mengalihkan perhatiannya. Misalnya, melibatkan anak untuk membuat takjil. Setelah siap dihidangkan, Bunda juga dapat mengajak Si Buah Hati membagikannya ke tetangga terdekat. Ini jadi salah satu cara untuk mengasah rasa empati dan kemampuan bersosialisasi sejak dini.

2. Membuat Kerajinan Tangan Bertema Ramadan

Bulan Ramadan dimanfaatkan untuk lebih banyak mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Di usianya yang masih dini ini, Bunda bisa mulai memperkenalkan anak dengan ibadah seperti salat. Agar Si Buah Hati dapat lebih bersemangat, ajak ia membuat jadwal lima waktu salat yang bentuknya menyerupai jam dinding. Selain itu, Bunda juga bisa mengajaknya membuat daftar 30 kebaikan yang bisa dilakukan selama Ramadan. Membuat kerajinan tangan seperti ini baik untuk mendukung perkembangan anak,  seperti melatih kreativitas dan imajinasinya.

3. Membaca Kisah Inspiratif Para Nabi

Bulan puasa saatnya membiasakan diri berbuat kebaikan sebanyak mungkin. Bunda dapat mengajari anak melakukan kebaikan dengan meneladani perilaku para nabi. Caranya, dengan mengajak Si Buah Hati membaca buku cerita yang berisi kisah inspiratif para nabi. Selain belajar nila-nilai kebaikan, anak juga bisa belajar mengenal kosakata baru untuk dukung kemampuan bahasanya.

Nah, mengenalkan makna puasa pada Si Buah Hati sejak dini, tidak begitu sulit kan, Bunda? Dengan melakukan beberapa kegiatan di atas, artinya Bunda juga berupaya memberikan stimulasi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak dan optimalkan potensinya jadi Anak Unggul Indonesia. Pastinya, hal ini menjadi salah satu bentuk cinta Bunda pada Si Buah Hati.

Dukung terus potensi Si Buah Hati dengan cara memastikannya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Lengkapi asupan gizi anak dengan memberikan  DANCOW Advanced Excelnutri+ 5+ yang merupakan susu pertumbuhan anak usia 5-12 tahun, dengan kandungan protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin.

Ayo Bunda, jadikan Ramadan kali ini momen untuk mendukung perkembangan anak dengan mengenalkan nilai-nilai kebaikan! Salah satunya adalah rasa empati terhadap sesama.