Bagaimana Cara Atasi Anak Pemalu di Berbagai Situasi? Cek Tipsnya Berikut Ini | DANCOW Parenting Center
Stimulasi

Bagaimana Cara Atasi Anak Pemalu di Berbagai Situasi? Cek Tipsnya Berikut Ini

09-11-2018

Kiat Mengatasi Anak Pemalu

Di usia tiga tahun, Si Kecil mulai menunjukkan keinginan untuk main bersama anak seusianya. Meski begitu, biasanya ia masih malu saat bertemu dengan anak atau orang yang belum dikenal. Supaya bisa membantu mengatasi anak pemalu dan meningkatkan rasa percaya diri Si Kecil, Bunda perlu mengajaknya berinteraksi sesering mungkin dengan orang lain di berbagai situasi. Bagaimana caranya?

 

Berikut ini adalah beberapa cara melatih mental agar anak berani bersosialisasi yang dapat Bunda terapkan:

  1. Bemain di Taman

Taman bisa menjadi tempat seru untuk mengembangkan kemampuan sosial Si Kecil. Di sini ia bisa bertemu dan bermain dengan anak-anak sebayanya. Ajari Si Kecil untuk memperkenalkan diri Bunda, lalu ajak ia main bersama anak lainnya. Kuncinya, selama bermain dampingi Si Kecil untuk bersosialisasi dengan teman barunya itu. Dengan begitu, ia makin percaya diri berinteraksi dengan mereka. Misalnya, mempersilakan anak lain main perosotan secara bergantian atau ikut main bola bersama. Jangan lupa, ketika pulang ingatkan Si Kecil ucapkan salam ke teman-temannya, ya. Cara ini bisa membantu Si Kecil makin semangat untuk bermain kembali di taman.

  1. Ajak ke Acara Silaturahmi Keluarga

Saat kumpul bersama keluarga, berikan Si Kecil kesempatan untuk bersosialisasi, termasuk dengan orang yang lebih tua. Jadi, ajari Si Kecil cara bicara dengan sopan di hadapan mereka. Sebagai orang tua, Bunda tentu perlu memberi contoh yang baik pada Si Kecil. Menurut ahli komunikasi dari Department of Psychology, Interdisciplinary Center (IDC), Israel, Ruth Feldman, orang tua yang menunjukkan komunikasi aktif terhadap orang di sekitarnya akan memiliki anak yang kemampuan sosialisasinya semakin berkembang dan pandai bernegosiasi dari waktu ke waktu. Libatkan juga Si Kecil dalam obrolan bersama keluarga, agar ia dapat belajar bagaimana membuat kontak mata yang tepat serta menanggapi sesuatu.

  1. Hadir di Acara Ulang Tahun

Mengatasi anak pemalu juga dapat dilakukan dengan mengajak Si Kecil ke acara ulang tahun temannya. Biasanya acara seperti ini melibatkan keberanian anak-anak untuk tampil di hadapan banyak orang. Jadi, Bunda sebaiknya mengajari Si Kecil berani tunjuk tangan untuk bernyanyi di depan teman-temannya atau ikut main games seru.

  1. Seru-Seruan di Family Gathering Kantor

Jadilan contoh positif saat berkumpul dengan rekan-rekan Bunda atau Ayah di kantor. Sebab, anak sering menirukan cara orang tuanya berkomunkasi. Hindari berbicara kasar dan terlalu keras yang akan mempengaruhi gaya komunikasi anak. Lebih baik berikan Si Kecil kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dalam berkomunikasi, dengan mengajaknya menceritakan sesuatu pada rekan kantor Bunda dan Ayah.

Mendukung anak menjadi percaya diri penting untuk mendukung masa depannya nanti. Jadi, berikan sebanyak mungkin kesempatan Si Kecil untuk belajar bersosialisasi. Dukung proses belajarnya dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+ mengandung omega 3 & 6, minyak ikan, dan Lactobacillus rhamnosus untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

Nah, semoga beberapa tips di atas dapat membantu Bunda untuk mengatasi anak pemalu. Dengan begitu, Si Kecil makin percaya diri untuk bereksplorasi. Yuk, katakan #IyaBoleh untuk mendukung Si Kecil bereksplorasi!