Ayo Cek Bunda, Apakah Si Kecil Memiliki 8 Tanda Anak Sehat Ini! | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Ayo Cek Bunda, Apakah Si Kecil Memiliki 8 Tanda Anak Sehat Ini!

02-08-2019

Status Gizi Anak Baik, Si Kecil Tumbuh Sehat

Memasuki usia satu tahun, keingintahuan Si Kecil semakin  tumbuh, sehingga ia akan mulai aktif mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Untuk memastikan kesehatannya ketika ia bereksplorasi, Bunda bisa melihat salah satunya dari status gizi anak.

Selain itu, ada beberapa ciri anak sehat yang perlu Bunda ketahui. Ayo coba perhatikan, apakah Si Kecil sudah memilikinya.

  1. Tumbuh Sesuai Usianya

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) sekaligus dokter spesialis gizi klinik Yustina Ani Indriastuti menyebutkan bahwa anak yang sehat ditandai dengan status gizi anak yang baik.

Gizi yang baik ini dapat terlihat dari Si Kecil yang tumbuh dengan tinggi dan berat badan ideal balita sesuai usianya. Hal ini menandakan ia terbebas dari penyakit yang mengganggu pertumbuhan anak. Bunda dapat memantau tumbuh kembang anak dengan menggunakan KMS (Kartu Menuju Sehat).

  1. Kemampuan Motorik dan Kecerdasannya Berkembang

Perhatikan apakah kemampuan motorik dan kecerdasan Si Kecil berkembang sesuai dengan usianya. Bila ada tahapan yang terlewati, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui kondisi Si Kecil yang sebenarnya dan pengaruhnya terhadap perkembangannya.

  1. Ada Kontak Mata Ketika Diajak Bicara

Anak yang sehat akan responsif setiap diajak bicara. Untuk menstimulasi hal ini, Bunda dapat mengajak Si Kecil aktif berbicara, misalnya saat mandi, berjalan-jalan atau bermain.

  1. Nafsu Makan Baik

Si Kecil yang sehat akan antusias menyambut waktu makan. Ia akan melahap makanan yang Bunda sajikan tanpa ada gangguan mengunyah, yang biasanya dialami anak berusia di atas satu tahun.

  1. Bibir dan Lidah Tidak Kering

Bibir dan lidah Si Kecil yang sehat tidak akan terlihat kering, karena produksi saliva atau air liurnya berjalan dengan baik. Jika Si Kecil sehat, bagian lidahnya akan berwarna merah dan tidak terlihat bercak-bercak putih akibat jamur.

  1. Pernapasan Tidak Berbau

Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 1993, salah satu tanda Si Kecil yang sehat adalah pernapasannya tidak akan berbau, karena gigi dan mulutnya terawat dengan baik.

  1. BAB Teratur

Si Kecil yang buang air besarnya teratur artinya pencernaannya baik. Hal ini bisa diwujudkan bila ia mencukupi kebutuhan serat dan cairan setiap harinya. Standar buang air besar yang baik bagi anak-anak adalah sekali dalam sehari.

  1. Tidur Nyenyak

Jika kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi, maka ia pun akan tidur dengan nyenyak di malam hari, sehingga pertumbuhannya optimal. Selain itu, kualitas tidur yang baik juga dapat meningkatkan konsentrasi Si Kecil selama beraktivitas ketika bermain bersama teman-temannya.

Untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi Si Kecil usia 1-3 tahun, Bunda dapat memberikan Si Kecil susu pertumbuhan DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin.

Kini Bunda telah mengetahui betapa pentingnya status gizi anak dan tumbuh kembang anak  untuk memastikan bahwa Si Kecil tumbuh sehat. Dengan melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil, Bunda dapat memastikan kesehatan Si Kecil tetap terjaga. Jadi, Bunda tidak perlu ragu lagi katakan #IyaBoleh untuk dukung Si Kecil bebas bereksplorasi.