Atasi Susah BAB pada Anak dengan Makanan Kaya Serat | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Atasi Susah BAB pada Anak dengan Makanan Kaya Serat

09-07-2019

Tidak perlu bingung jika anak tidak mau makan sayur

Excerpt: Anak-anak rentan mengalami sembelit atau susah BAB. Makanan kaya serat adalah salah satu kunci untuk mengatasinya.

 

Susah BAB pada anak memang cukup umum terjadi, terutama jika anak tidak mau makan sayur.  Namun, rasa sakit dan perut terasa tidak nyaman tentu akan membuat Si Kecil menderita dan malah akan mengganggu aktivitasnya. Selain pengobatan dari dokter, yang dibutuhkan untuk mengatasi susah BAB pada anak adalah memperbaiki pola dan kebiasaan makannya.

Mengatur pola makan dapat menangani masalah pencernaan pada anak. Dikutip dari laman Web MD, Louise Goldberg, RD, LD, seorang ahli diet dari Children's Memorial Hermann Hospital di Houston Medical Center mengatakan bahwa rumus sederhana untuk membangun sistem pencernaan ada 3, yaitu serat, cairan, dan kebiasaan olahraga. Jika Si Kecil tidak tercukupi salah satu dari hal itu, mereka mungkin akan mengalami beberapa masalah pencernaan.

Pentingnya serat untuk mengatasi susah BAB pada anak

Ada banyak alasan untuk menambahkan serat dalam pola makan saat anak tidak mau makan sayur. Serat memiliki manfaat yang besar bagi pencernaan. Kolaborasi asupan serat dan hidrasi yang baik mampu menjaga saluran pencernaan Si Kecil bekerja sebagaimana mestinya. Serat juga mampu mencegah, bahkan membantu menyembuhkan sembelit Si Kecil sehingga ia tidak lagi kesakitan karena tidak bisa buang air besar.

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases pada Mei 2018, anak-anak antara usia 1 hingga 18 tahun harus mendapatkan sekitar 14 gram hingga 30,8 gram serat dalam sehari. Artinya pada usia anak-anak 1-3 tahun, sebaiknya mendapatkan sekitar 19 gram asupan serat per hari, sedangkan anak-anak usia 4-8 tahun harus mengonsumsi sekitar 25 gram serat setiap hari.

Makanan tinggi serat yang direkomendasikan untuk Si Kecil

 Sumber serat terbaik adalah makanan utuh tanpa proses pengolahan yang juga berasal dari buah, sayur, atau kacang-kacangan. Berikut beberapa sumber serat yang bisa Bunda berikan untuk mengatasi masalah susah BAB Si Kecil, dikutip dari sumber laman Healthline:

  1. Oatmeal: Bunda bisa coba memberi Si kecil sarapan oatmeal yang dimasak. Semangkuk oatmeal yang dimasak mencakup sekitar 4 gram serat. Agar lebih disukai Si Kecil, Bunda bisa menambahkan sirup maple, kismis, atau potongan buah yang manis.

 

  1. Buah apel dan pir: Beberapa anak suka tekstur apel atau pir yang renyah. Dengan 3,6 gram kandungan serat dalam satu buah kecil, buah apel bisa menjadi salah satu sumber makanan yang membantu memenuhi serat harian Si Kecil. Sedangkan, buah pir mengandung sekitar 5,5 gram serat. Tambahkan selai kacang yang dilumuri pada potongan buah apel bisa menjadi cara yang menarik untuk membuat sesi makan Si Kecil jadi lebih nikmat.

 

  1. Wortel: Sajikanlah wortel rebus yang dipotong kecil-kecil sebagai camilan nikmat Si Kecil. Bunda juga bisa menambahkannya dengan jagung manis atau buncis. Setengah mangkuk wortel dalam sehari mengandung sekitar 2,9 gram serat.

 

  1. Pisang: Buah ini bisa menjadi camilan sehat dengan kandungan seratnya sebesar 3,1 gram dalam pisang berukuran sedang. Pisang bisa jadi alternatif asupan serat jika anak tidak mau makan sayur.

 

  1. Roti gandum: Roti gandum utuh memiliki rata-rata 2-3 gram serat atau lebih per helai. Buatlah sandwich selai kacang dengan menggunakan roti gandum untuk camilan siang atau camilan sore Si Kecil.

 

  1. Buah beri: Salah satu jenis buah berry yang berserat tinggi adalah raspberry yang menawarkan 4 gram serat dalam setiap setengah mangkuk. Sedangkan, blueberry dan stroberi memiliki lebih sedikit serat, masing-masing hanya 1,8 gram dan 1,5 gram untuk setengah mangkuk.

 

  1. Ubi jalar: Camilan ini mengandung 3,8 gram serat dalam ubi jalar berukuran sedang.

 

  1. Kentang panggang: Sajikan kentang panggang (lebih baik dengan kulitnya) untuk Si Kecil. Supaya lebih nikmat, Bunda bisa menambahkan sedikit keju parut dan brokoli rebus.

Mengajak Si Kecil memakan sayur, buah, dan sumber serat sehat lainnya memang tidak mudah apalagi jika awalnya anak tidak mau makan sayur. Untuk itu, Bunda harus pintar memilih dan kreatif dalam menyajikan makanan sumber serat sehat dalam menu harian Si Kecil. Selain itu, membiasakan anak mengonsumsi sayur sejak usia balita juga penting untuk menjaga kesehatan pencernaannya.

Pastikan asupan harian Si Kecil terpenuhi untuk mendukung kelengkapan gizi seimbang Si Kecil, salah satunya dengan susu pertumbuhan. Susu pertumbuhan DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas, yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil.