Nutrisi

Atasi Gangguan Berat Badan Anak dengan Memberikan Pola Makan yang Tepat

03-09-2018

Atasi Gangguan Berat Badan Anak dengan Memberikan Pola Makan yang Tepat

"

Dalam dunia parenting, berat badan anak menjadi salah satu indikasi kecukupan gizinya. Jika mengalami kurang berat badan, ia dapat mengalami kemunduran dalam proses belajar dan tumbuh kembangnya. Sedangkan bila kelebihan berat badan dapat memicu risiko obesitas dan mengganggu aktivitas bermain dan bereksplorasi. Mari usahakan berat badannya cocok dengan berat badan ideal anak.

Gunakan pola makan yang tepat agar anak tidak mengalami gangguan berat badan ya, Bunda.

Ketahui Penyebab Si Kecil Menolak Makan

Menurut situs Adoption Nutrition, ada beberapa penyebab yang memicu anak enggan makan seperti sedang mengalami emosi yang intens baik berupa rasa takut, cemas, maupun marah, yang berdampak pada nafsu makannya. Pengalaman yang buruk saat makan, misalnya pernah dipaksa atau dibentak karena tidak menghabiskan makanannya juga dapat memberikan trauma tersendiri sehingga anak malas makan. selain itu, menu makanan yang terbatas dan itu-itu saja, juga dapat membuatnya merasa bosan dan menghindari jam makan.

Pastikan Si Kecil Cukup Makan

Porsi makan berbeda pada tiap anak. Jangan terlalu cemas bila ia sepertinya tidak cukup makan di satu sesi. Bunda bisa memenuhi nutrisinya dengan kudapan atau jadwal makan berikutnya. Tawarkan makanan yang lezat dan terlihat menarik, serta dalam jumlah yang tepat. Tetapi jangan memaksa, menyuap, atau mengancamnya dengan hukuman jika makanannya tidak dihabiskan ya, Bunda.

Bunda, baca juga artikel ini: Pesan Tersembunyi Ketika si Kecil Pilih-pilih Makanan

Pemberian Kudapan

Menurut situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak harus memiliki 3 kali makan dan 2 kali kudapan setiap hari. Tunjukkan cinta Bunda dengan menawarkan camilan yang ringan, sehat, dan bernutrisi seperti yoghurt, irisan apel, biskuit, selai kacang dan susu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Cobalah untuk tidak memberikan kudapan terlalu dekat dengan jam makan agar tidak merasa kekenyangan sebelum makan berat. Kudapan juga membuatnya tidak merasa lapar terlalu lama, yang terkait dengan pola makan yang buruk.

Buat Jam Makan Menyenangkan

Berkumpul di meja makan untuk makan bersama dapat membangun rutinitas yang dibutuhkan si Kecil. Anak-anak akan merasa lebih nyaman dan lebih fokus terhadap makanan di hadapannya. Matikan TV dan minta untuk tidak membawa mainannya selama waktu makan. Berikan pujian jika mau mencoba makanan baru dan menikmatinya. Perbaiki pola makan si Kecil, agar kebutuhan gizinya terpenuhi dengan baik dan memberikan perlindungan dari dalam, untuk melindunginya dari penyakit yang dapat menyerangnya. Mudah-mudahan tips di atas bisa membuatnya memiliki berat badan ideal anak tetap terjaga.

"