Stimulasi

Asah Kemampuan Berhitung Si Kecil Melalui Permainan Edukatif

03-09-2018

Asah Kemampuan Berhitung Si Kecil Melalui Permainan Edukatif

Siapa bilang balita belum tahu uang? Tentunya tidak satu atau dua kali Bunda pernah membawa si Kecil berbelanja bersama di swalayan. Kegiatan Bunda saat menghitung uang dan berbelanja secara perlahan membuat si Kecil mengenal uang. Ini adalah waktu yang tepat bagi Bunda untuk mengasah kemampuan berhitung si Kecil sejak usia dini, misalkan dari usia 5 tahun.

Anak pada usia 5 tahun sudah dapat mengenali angka 1-20. Kemampuan ini tentunya berbeda sesuai dengan kemampuan setiap anak. Pastinya kemampuan tersebut dapat lebih berkembang jika si Kecil telah menguasai kosakata yang luas dan mengenal beberapa konsep seperti tambah-kurang, banyak-sedikit, besar-kecil, dan lainnya. Seperti yang dituliskan oleh Amanda Soebadi pakar tumbuh kembang anak dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI – RSCM.

Di usia ini, si Kecil belum paham lambang bilangan secara abstrak. Kemampuan berhitung si Kecil masih bersifat konkret sesuai dengan perkembangan berpikirnya. Artinya si Kecil dapat berhitung melalui jumlah benda (sesuatu yang nyata) yang sering dilihat maupun digunakannya seperti peralatan makan, peralatan mandi, hingga makanan yang dikonsumsinya. Ia memahami angka 12 dari 12 biskuit.

Kemampuan konkret berhitung si Kecil ini tentunya dapat terus dikembangkan oleh Bunda dengan kegiatan yang menyenangkan. Dengan kata lain anak dapat belajar berhitung atau matematika melalui permainan dan eksplorasi yang lebih menarik baginya sesuai dengan dunianya.

Salah satunya dengan mengajak si Kecil untuk membuat daftar belanjaan. Bunda dapat menuliskan barang kebutuhan sehari-hari keluarga seperti beras, sayuran, telur, susu, sabun, sampo, dan lain-lainnya. Kemudian Bunda minta si Kecil untuk menyebutkan barang yang diinginkannya seperti biskuit, buah-buahan, es krim, dan lain sebagainya.

Bunda kemudian membantu si Kecil untuk menuliskan barang keinginannya beserta dengan jumlah yang diperlukan dan harganya. Misalkan 2 kotak biskuit yang harganya Rp 10 ribu. Setelahnya, ajak si Kecil untuk menghitung bersama jumlah barang yang hendak dibeli. Kemudian Bunda dapat mengenalkan uang yang dimiliki Bunda untuk berbelanja.

Awalnya si Kecil hanya berhitung, perlahan sesuai tumbuh kembangnya, si Kecil dapat dilatih mengurangi atau menambah. Begitu pula dengan penjumlahan dan pengurangan total uang Bunda yang kemungkinan masih belum bisa dilakukan oleh si Kecil. Bunda cukup menyebutkan nominal uang yang dimiliki dan nominal total biaya belanja.

Jika si Kecil masih kesulitan untuk menghitung jumlah barang belanjaan dan total uang yang harus dikeluarkan, Bunda dapat menghitungnya secara perlahan. Kemampuan anak untuk meniru dapat melatih kemampuan berhitungnya segera terasah.

Khawatir si Kecil mengalami kebingungan ketika diajak berbelanja bersama di swalayan?. Bunda dapat melatihnya terlebih dulu di rumah dengan latihan awal melalui aplikasi StimuLearn DANCOW. StimuLearn adalah program yang dirancang dan dikembangkan secara ilmiah di Nestle Research Center Switzerland. Program ini dibuat dengan kerjasama para ahli perkembangan anak yang memberikan ide kegiatan interaktif melalui system ASQ (ages & Stage Questions).

Salah satu permainan yang dapat melatih kemampuan berhitung si Kecil adalah Island Market. Si Kecil dapat berbelanja buah-buahan sesuai gambar yang ditampilkan di layar gadget. Selain itu Bunda pun dapat mengenalkan uang dari gambar yang ditampilkan. Pecahan uang yang berwarna-warni tentunya menarik perhatian si Kecil untuk semangat mulai berhitung.

Permainan edukatif diyakini dapat membuat si Kecil merasa kegiatan bermain sambil belajar berhitung itu menyenangkan. Puas bermain bersama si Kecil melalui aplikasi permainan Island Market di StimuLearn DANCOW, Bunda pun siap mengajak si Kecil berbelanja bersama di swalayan. Aplikasi ini bisa Bunda unduh bit.ly/Stimulearn.