Stimulasi

Asah Kemampuan Berbahasa Si Kecil dengan Positif

06-09-2018

Asah Kemampuan Berbahasa Si Kecil dengan Positif

"

Di usia lima tahun, kemampuan berbahasa si Kecil umumnya sudah semakin baik dan terasah. Apalagi bila sejak lahir, si Kecil terbiasa menggunakan bahasa ibu.

Menurut Lely Noormindhawati, dalam buku 8 Tahun yang Menakjubkan, ada beberapa gambaran mengenai kemampuan berbahasa ketika si Kecil berumur 5 tahun. Misalnya si kecil mengalami penambahan kosakata ketimbang setahun sebelumnya; tata bahasa si Kecil semakin baik dan bisa Bunda mengerti; susunan pembentukan kalimatnya sudah jelas; dan si Kecil telah mampu mengekspresikan keinginan dengan kata-kata. Termasuk dalam mengungkapkan penolakan terhadap sesuatu hal.

Agar kemampuan bahasa si Kecil semakin terasah, Bunda sebaiknya melakukan rangsangan dengan alami dan tidak dipaksakan. Seperti melalui banyak permainan dan eksplorasi nan menyenangkan. Ataupun bernyanyi serta mengajaknya berinteraksi dengan teman sebaya di lingkungan kompleks.

Baca juga: Asah Kemampuan Berbahasa Si Kecil dengan Lagu Sederhana

Namun Bunda juga perlu tahu, si Kecil yang berada di periode empat hingga lima tahun sudah sangat mahir dalam mencontoh dan merekam segala sesuatu yang ditangkap indranya. Terkait bahasa, ia juga sudah bisa mencontoh kata-kata, kalimat, dan intonasi yang diutarakan orang-orang di sekitarnya.

Agar sikap dan pribadi si Kecil tetap baik, Lely menganjurkan Bunda untuk menjaga emosi agar selalu positif bila berada di dekatnya. Seperti menghindari pertengkaran dengan pasangan di depan si Kecil. Namun bila Bunda ingin mengajarkan si Kecil cara mengatasi perbedaan pendapat dengan kepala dingin dan baik, masih diperbolehkan.

Lely juga menyarankan Bunda untuk mengurangi penggunaan kata "jangan" atau "tidak boleh". Sebab, kata-kata larangan semacam ini akan memicu si Kecil untuk membangkang atau makin menolak. Meski bukan berarti mempersilakan si Kecil melakukan segala yang diinginkan, disarankan untuk Bunda menggunakan kalimat atau kata-kata alternatif, misalnya, "Ibu lebih suka kalau kamu tidur siang".

Untuk cara yang satu ini, Bunda perlu bekerja sama dengan orang-orang yang kerap berada di sekitar si Kecil. Misalnya dengan pengasuh, asisten rumah tangga, kakak dari si Kecil, maupun kakek-neneknya. Sehingga si Kecil selalu berada di lingkungan nan positif.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi

Baca juga: Peran Orang Tua Asah Kreativitas Si Kecil

"