Stimulasi

Asah Kemampuan Berbahasa si Kecil dengan Lagu Sederhana

03-09-2018

Asah Kemampuan Berbahasa si Kecil dengan Lagu Sederhana

Sejak tahapan usia bayi, si Kecil mulai mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan cara menangis. Seiring bertambahnya usia, seperti saat Ia sudah berusia, Ia akan mulai mengembangkan kemampuan psikomotorik dan bahasa untuk menyampaikan kemauannya. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melatihnya, salah satunya adalah dengan memanfaatkan lagu-lagu sederhana. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Melatih Otot-Otot Wajah dan Pipi

Dalam proses belajar untuk mengembangkan kemampuan berbicara, berikan stimulasi untuk melatih otot-otot wajah, seperti pada pipi dan mulut. Selain membuat gerakan meniup, menghisap, atau menjulurkan lidah, dukung stimulasinya dengan menyanyikan lagu-lagu sederhana. Optimalkan aksi cerdasnya dengan memilih lagu berdurasi pendek dan diisi kata-kata yang mudah dimengerti, misalnya lagu Bintang Kecil, Bangun Tidur, Naik-naik ke Puncak Gunung.

Luangkan Waktu untuk Menyanyi Bersama

National Literacy Trust melaporkan peningkatan jumlah anak-anak yang masuk sekolah tanpa kemampuan bahasa maupun komunikasi yang memadai. kurangnya peran orangtua dalam membantu tumbuh kembang si Kecil, terutama dalam mendukung eksplorasinya dalam keterampilan berkomunikasi dapat mempengaruhi terjadinya hal di atas sehingga bernyanyi diyakini menjadi cara paling efektif untuk mengajarkannya dasar-dasar berkomunikasi yang tepat dan baik.

Manfaatkan Aplikasi StimuLearn

Ada cara mudah untuk melakukan aktivitas antara orangtua dan anak. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi StimuLearn yang mendukung eksplorasinya secara interaktif bersama Bunda. Pilihlah Kegiatan Hari Ini untuk merangsangnya pintar berbicara. Caranya cukup sederhana, awali dengan mempelajari lagu sederhana yang sudah dinyanyikannya. Ajari untuk bernyanyi bersama, lalu minta ia bernyanyi di depan anggota keluarga lainnya. Acara ini juga bagus untuk mengembangkan kepercayaan dirinya, lho.

Selain metode bernyanyi lagu sederhana yang dikhususkan untuk anak-anak, Bunda dapat bermain aplikasi StimuLearn untuk mengasah kemampuan berkomunikasi si Kecil. Unduh aplikasi ini secara mudah dan gratis dari Google Play maupun App Store. Tak salah, bila akhirnya DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi.