Apa Saja Asupan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil? | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Apa Saja Asupan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil?

02-07-2019

Menu Makan Anak 1 Tahun Ini dapat Bantu Jaga Kesehatan Pencernaannya

 

Tahukah, Bunda? Si Kecil yang masih berusia di bawah lima tahun rentan mengalami diare. Untuk itu, Bunda disarankan membantu menjaga kesehatan pencernaannya sejak dini dengan menyiapkan menu makan anak 1 tahun yang bergizi, terutama yang mengandung serat, probiotik, lemak sehat (omega 3), glutamin, dan zink. Apa saja peran penting nutrisi ini bagi kesehatan saluran cerna Si Kecil?

Serat

Mungkin, Bunda pernah mendengar saran untuk mengonsumsi makanan mengandung serat tiap hari, ya. Ini ternyata ada alasan pentingnya. Serat bermanfaat untuk membantu memperlancar pencernaan makanan, sehingga dapat mengurangi risiko sembelit (susah BAB).

Probiotik

Menurut ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, menjaga kesehatan pencernaan dapat dilakukan lewat konsumsi probiotik yang dapat menambah konsentrasi jumlah bakteri baik di saluran cerna. Fungsinya untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Omega 3

Selain dikenal sebagai nutrisi untuk perkembangan otak, omega 3 juga memiliki efek antiradang yang dapat mendukung daya tahan tubuh Si Kecil, terutama di saluran pencernaan yang merupakan daya tahan tubuh terbesarnya.

Glutamin

Menurut peneliti gizi dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Endang S. Suryani, glutamin ditemukan dapat mendukung sistem daya tahan tubuh yang terletak di saluran pencernaan. 

Zink

Mineral ini dapat memengaruhi produksi enzim yang bertugas mencerna makanan. Kekurangan asupan zink dapat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan Si Kecil. Untuk itu, National Institutes of Health menyarakan asupan zink harian sebanyak 8-11 mg setiap hari.

 

Inspirasi Menu untuk Bantu Jaga Kesehatan Saluran Cerna Si Kecil

Bunda masih bingung akan menyajikan menu makan apa untuk Si Kecil nanti? Tak perlu cemas, Bunda dapat menyontek beberapa menu makan anak 1 tahun di bawah ini yang dapat membantu mencukupi asupan nutrisi yang baik bagi pencernaan Si Kecil:

  1. Variasi Menu Tempe

Tempe terbuat dari kedelai yang difermentasi dan merupakan sumber probiotik yang baik untuk membantu melindungi pencernaan Si Kecil dari bakteri penyebab penyakit. Buatlah menu yang bervariasi dengan bahan tempe agar Si Kecil tak mudah bosan, misalnya sayur lodeh degan tempe atau tumis tempe dengan baso. Bunda pun dapat membetuknya menjadi bentuk karakter yang lucu, lho.

  1. Yoghurt dengan Potongan Buah

Selain tempe, yoghurt juga dikenal sebagai makanan yang mengandung probiotik, untuk membantu menjaga pencernaan Si Kecil senantiasa sehat. Meski demikian, Bunda perlu hati-hati dalam memilih yoghurt untuk Si Kecil. Karena tak semua yoghurt yang dijual mengandung probiotik. Jadi, saat berbelanja, pastikan terdapat kandungan probiotik di dalam label kemasan yoghurt yang Bunda beli. Sajikan bersama potongan buah kesukaan Si Kecil agar lebih sehat!

  1. Omelet Tuna

Kandungan omega-3 dalam tuna dapat membantu mengurangi peradangan atau infeksi, termasuk pada saluran pencernaan. Ikan laut ini bisa juga Bunda olah menjadi omelet agar ia tidak bosan mengonsumsinya.

  1. Apel dan Pepaya

Kedua jenis buah ini dapat menjaga kesehatan pencernaan buah hati Bunda. Apel yang kaya akan zat pektin dapat mengurangi risiko infeksi usus, sedangkan pepaya mengandung enzim pencernaan yang disebut papain. Zat ini membantu mencegah sembelit dan kembung pada Si Kecil, sehingga tubuhnya dapat tetap aktif bergerak.

 

Selain beberapa makanan di atas, Bunda juga dapat membantu melengkapi asupan nutrisi Si Kecil dengan memberikannya susu pertumbuhan anak 1 tahun . DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+  merupakan susu pertumbuhan usia 1-3 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil.

Yuk, pastikan Bunda memberikan menu makan anak 1 tahun yang bergizi untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil! Diawali dari kondisi saluran cerna yang sehat, Bunda dapat mendukung perlindungan kesehatan Si Kecil. Dengan begitu, Bunda bisa terus bilang #IyaBoleh untuk dukung Si Kecil bebas bereksplorasi.