Nutrisi

Apa Fungsi Laktosa pada Susu Pertumbuhan untuk Si Buah Hati?

06-07-2020

Fungsi laktosa pada susu baik untuk perkembangan anak

Bunda mungkin sering mendengar kata laktosa pada kandungan susu, namun apakah Bunda tahu fungsi laktosa pada susu? Laktosa atau dikenal juga dengan nama gula susu merupakan salah satu karbohidrat yang umum ditemukan pada susu, termasuk ASI, serta produk olahan susu seperti keju dan yoghurt. Laktosa juga bisa ditemukan pada makanan lain seperti kue, biskuit, daging hingga roti. Kandungan laktosa pada setiap bahan pangan ini pun berbeda-beda. Misalnya saja, susu sapi mengandung hampir 5% laktosa sedangkan ASI mengandung lebih banyak laktosa yaitu antara 6.9%-7.2%. Untuk mengetahui lebih jauh tentang laktosa dan manfaatnya bagi Si Buah Hati, yuk kenalan lebih jauh dengan laktosa.

 

Memasuki usia Toddler, Si Buah Hati sudah boleh diberikan susu pertumbuhan anak untuk melengkapi kebutuhan asupan nutrisinya sehari-hari. Nah, laktosa yang sering Bunda dengar namanya juga terdapat dalam susu pertumbuhan yang diminum Si Buah Hati. Selain dapat melengkapi kebutuhan asupan nutrisi Si Buah Hati, susu pertumbuhan juga dapat membantu melindungi kesehatannya. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kandungan laktosa yang ada dalam susu pertumbuhan tadi. Jadi sebenarnya, laktosa pada susu turut membantu optimalkan tumbuh kembang Si Buah Hati lho, Bunda. Adapun beberapa manfaat baik laktosa untuk Si Buah Hati yaitu:

 

  1. Sebagai Sumber Energi

Laktosa merupakan salah satu sumber energi karena ia merupakan bagian dari karbohidrat yang dapat dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana. Seperti yang Bunda ketahui, karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh Si Buah Hati apalagi dalam masa pertumbuhan. Si Buah Hati membutuhkan energi yang cukup untuk bisa mendukung aktivitas dan tumbuh kembangnya setiap hari.
 

  1. Dukung Perkembangan Bakteri Baik 

Saat laktosa tidak tercerna di usus halus maka laktosa akan dimanfaatkan oleh bakteri baik dalam usus besar sebagai prebiotik. Prebiotik inilah yang mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Si Buah Hati.
 

  1. Mengoptimalkan Penyerapan Kalsium dan Zat Besi

Hal ini berkaitan erat dengan poin sebelumnya. Karena kehadiran laktosa turut mendukung kesehatan pencernaan, maka sistem pencernaan dapat bekerja lebih baik dalam menyerap kalsium dan mineral lainnya yang masuk ke dalam tubuh.

 

  1. Membantu Perkembangan Otak dan Sistem Saraf

Salah satu molekul dalam laktosa adalah galaktosa yang penting dalam pembentukan galaktolipid. Sedangkan galaktolipid sendiri  akan membantu dalam perkambangan otak serta pertumbuhan sistem saraf pusat.

 

 

Agar Si Buah Hati mendapatkan fungsi laktosa pada susu, saat memilih susu pertumbuhan untuk Si Buah Hati, maka perhatikan juga kandungan sukrosanya ya, Bunda. Pilihlah susu pertumbuhan yang lebih banyak mengandung laktosa, bukan sukrosa, karena gula sukrosa kurang baik jika dikonsumsi Si Buah Hati. Tidak seperti laktosa yang memiliki banyak manfaat, sukrosa dapat berisiko memicu obesitas jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Namun, jika ternyata Si Buah Hati menunjukkan gejala tertentu ketika meminum susu yang mengandung laktosa, segera konsultasikan ke dokter ya, Bunda.

 

 

Fungsi laktosa pada susu yang baik untuk tumbuh kembang Si Buah Hati juga bisa Bunda temukan di dalam DANCOW 1+ Nutritods #ToddlerExpert, susu pertumbuhan yang diformulasi khusus untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun. Dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, 3X lebih banyak vitamin D dibandingkan dengan formula sebelumnya, protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta serat pangan inulin, DANCOW 1+ Nutritods membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati. Dilengkapi dengan dukungan manfaat Lactobacillus rhamnosus, DANCOW 1+ Nutritods juga membantu memberikan perlindungan kesehatan saat Si Buah Hati aktif bereksplorasi.

 

Bunda memiliki pertanyaan lain seputar fungsi laktosa untuk tumbuh kembang Si Buah Hati atau ingin berkonsultasi tentang tumbuh kembang Si Buah Hati di rumah? Bunda bisa bertanya dan mendapatkan jawaban langsung dari para ahli di Nutritods Council Expert. Untuk mulai berkonsultasi, kunjungi https://www.dancow.co.id/dpc/konsultasi.