Apa Benar Sayuran Warna Merah Kaya Manfaat untuk Si Kecil? | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Apa Benar Sayuran Warna Merah Kaya Manfaat untuk Si Kecil?

23-11-2018

Buatkan Si Kecil Resep Sayur untuk Anak 1 Tahun yang Berwarna Merah

 

Bunda, apakah pernah mendengar bahwa mengonsumsi sayuran warna merah dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Si Kecil? Hal ini ternyata ada benarnya lho, oleh sebab itu Bunda dapat membuatkan resep sayur untuk anak 1 tahun yang terdiri dari bahan sayuran ini sebagai alternatif menu makanannya.

Apa Manfaat Sayuran Warna Merah Bagi Tubuh?

Menurut ahli nutrisi dari University of Texas Southwestern Medical Center, Amerika Serikat, Lona Sandon, RD, faktanya warna merah mencolok dari sayuran yang biasa dikonsumsi Si Kecil dapat membantu memperkuat daya tahan tubuhnya. Sebab, zat Fitonutrien yang memberi warna merah menandakan tanaman tersebut kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.

Semakin pekat warna merah pada sayuran, maka kandungan nutrisi likopen dan antosianin pun semakin banyak. Likopen merupakan karotenoid atau antioksidan yang ditemukan dalam warna merah sayuran. Zat ini mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berisiko memicu penyakit jantung, alzheimer, dan penyakit berbahaya lainnya.

Lalu, kira-kira apa saja jenis sayuran merah yang dapat dimasukkan ke dalam resep sayur untuk anak 1 tahun? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Tomat

Tomat adalah sumber likopen yang dapat membantu mengurangi risiko kanker. Selain itu, tomat juga merupakan sumber potasium dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kelancaran peredaran darah dan membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil. Tomat bisa Bunda sajikan bersama sup atau sebagai salad.

  1. Paprika Merah

Mengandung sumber vitamin A, paprika merah dapat membantu menjaga kesehatan mata Si Kecil. Masukkan paprika merah ke dalam salad atau Bunda juga bisa menambahkannya ke dalam pizza atau spaghetti kesukaan Si Kecil.

  1. Bit

Bit mengandung folat, likopen, dan antisianin yang dapat mendukung perlindungan kesehatan tubuh Si Kecil. Selain dapat dikonsumsi dengan cara direbus, bit juga dapat diolah menjadi jus.

Meski sayuran berwarna merah bermanfaat dalam mendukung kesehatan Si Kecil, namun Bunda tetap disarankan untuk memberikannya aneka sayuran berwarna-warni sebagai resep sayur untuk anak 1 tahun ke atas. Hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil sekaligus membiasakan anak mengonsumsi beragam sayuran.

Bantu lengkapi asupan gizi Si Kecil dengan memberikan makanan bergizi seimbang. Susu DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ mengandung vitamin A, C, D, E; zat besi, dan Lactobacillus rhamnosus untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Nah, sekarang sudah siap untuk membuat resep sayur untuk anak 1 tahun, Bunda? Pastikan di dalam menu ini terdiri dari aneka warna sayuran, sehingga Si Kecil bisa mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatannya. Kesehatan tubuh yang terlindungi, tentu dapat mendukung Si Kecil untuk bereksplorasi. Jadi, Bunda tak perlu ragu lagi untuk mengatakan #IyaBoleh!