Nutrisi

Anak Minum Susu Dingin, Boleh atau Tidak?

15-01-2020

Bolehkah Susu Pertumbuhan Anak Disajikan Dingin?

Meminum susu pertumbuhan anak dengan rutin memang penting untuk memastikan perkembangan dan pertumbuhan Si Buah Hati agar optimal. Namun, ada kalanya anak mogok minum susu karena bosan atau alasan lain. Jika hal ini terjadi, Bunda mungkin pernah terpikir menyiasatinya dengan cara menyajikan susu secara berbeda, misalnya dengan membuat susu dingin. Tapi apakah sebenarnya Si Buah Hati boleh minum susu dingin? Bagaimana dengan kandungan nutrisinya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Boleh Menyajikan Susu yang mengandung Probiotik dalam Kondisi Dingin

Untuk beberapa susu pertumbuhan yang memiliki kandungan probiotik, sebenarnya tidak ada masalah jika Si Buah Hati minum susu dingin karena kandungan probiotik dan nutrisi di dalamnya tidak berubah meski susu disajikan dingin. Terkait penyajiannya, jika susu disajikan dingin dengan menambahkan es batu, Bunda hanya perlu memastikan bahwa es batu yang digunakan berasal dari air yang bersih. Sebaiknya gunakan es batu yang memang Bunda buat sendiri di rumah untuk memastikan kebersihannya.
 

2. Perhatikan Suhu Sebelum Mendinginkan Susu

Jika Bunda memilih untuk memasukkan susu pertumbuhan anak ke dalam kulkas agar dingin, sebaiknya jangan masukkan susu saat masih dalam kondisi panas. Susu memang perlu air panas agar larut, namun hindari memasukkan susu yang masih panas ke dalam kulkas karena perbedaaan suhu yang drastis justru dapat menyebabkan perubahan pada kandungan nutrisi yang terkandung dalam susu. Tunggulah sesaat hingga suhu susu turun baru kemudian masukkan ke dalam kulkas. Pastikan juga susu ini tidak terlalu lama di kulkas dan habis diminum paling lama dua jam setelah dibuat. Susu yang sudah dibuat dan lebih dari dua jam tidak diminum sebaiknya dibuang karena jika diminum berisiko menyebabkan penyakit pada Si Buah Hati.

 

3. Waktu Penyajian yang Disarankan

Penyajian susu dalam suhu yang berbeda ini juga punya manfaat lain lho, Bunda. Selain membantu mengatasi Si Buah Hati yang sedang mogok minum susu, susu yang dingin punya efek yang menyegarkan sehingga memberi semangat. Jadi, ada baiknya kalau Bunda memberikan susu dingin kepada Si Buah Hati di pagi hari. Kebalikan dari susu dingin, susu yang disajikan hangat memberikan efek rileks pada anak. Itulah sebabnya memberikan susu hangat disarankan pada malam hari untuk membantu Si Buah Hati jadi lebih mudah tidur.

Kesimpulannya, meminum susu yang dingin pun masih aman untuk Si Buah Hati. Adanya anggapan yang mengatakan susu dingin bisa menyebabkan dampak buruk bagi kerongkongan atau sistem pencernaan tidak benar. Susu hangat dan dingin hanyalah soal selera Si Buah Hati. Apalagi, sebenarnya disajikan dingin atau pun hangat, susu pertumbuhan masih dapat memberikan manfaat untuk dukung tumbuh kembang anak karena nutrisi yang terkandung di dalam susu tersebut tidaklah hilang.

Minuman dingin memang memberikan sensasi nyaman dan kesegaran saat diminum. Jadi sah-sah saja jika Si Buah Hati pun sesekali meminta susunya disajikan dingin. Bahkan mungkin saja Si Buah Hati yang tadinya mogok minum susu jadi lebih lahap meminum susunya jika disajikan dingin[5]. Jika ia menyukainya, Bunda juga bisa sesekali menyajikan susu DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+ atau 5+ dingin, lho. DANCOW Advanced Excelnutri+ adalah susu pertumbuhan yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin untuk membantu mencukupi kebutuhan gizinya.

Kini, Bunda tak perlu lagi khawatir atau bingung jika ingin memberikan susu dingin kepada Si Buah Hati tercinta ya! Jika Bunda masih bingung atau ingin bertanya informasi seputar susu pertumbuhan anak, dapatkan informasi lengkapnya di sini !