Parenting

Bulan Puasa, Saat Tepat Ajarkan Si Kecil Berbagi

14-11-2020

Bulan Puasa, Saat Tepat Ajarkan Si Kecil Berbagi

Bulan Ramadan telah tiba. Tahun ini adalah kali pertama si Kecil untuk belajar menunaikan ibadah puasa. Di usianya yang ke-5 tahun, Bunda tidak hanya bisa mengajarkannya untuk menahan lapar dan haus saja. Si Kecil juga sudah bisa diajarkan cara berbagi dengan orang lain.

Menurut situs Centers for Disease Control and Prevention, si Kecil yang berusia 5 tahun sudah mulai mengalami perkembangan kemampuan emosional dan sosial. Misalnya saja sudah mempunyai keinginan bergaul dan berinteraksi dengan orang lain, juga dapat diajak melakukan aktivitas sosial bersama orang dewasa. Selain itu, si Kecil sudah memiliki rasa empati dan ingin menolong orang lain.

Selama bulan puasa, Bunda bisa menstimulasi kemampuan emosional anak dengan mengajaknya belajar berbagi. Contohnya dengan mengajak ia memberikan makanan berbuka puasa ke masjid atau musolah dekat lingkungan tempat tinggal atau rumah.

Agar kegiatan berbagi menjadi pengalaman seru untuk dia, Bunda bisa melibatkan ia sejak tahap merencanakan menu berbuka puasa, berbelanja bahan-bahan untuk makanan pembuka puasa, hingga proses memasak. Kegiatan yang dilakukan ini, apalagi jika menyenangkan, bisa menjadi pengisi waktu si Kecil agar tidak merasakan jam berjalan lambat selama menjalankan puasa. Selain itu, bisa pula menjadi cara untuk mengajarkannya menahan rasa lapar dan haus.

Menjelang waktu berbuka, ajaklah ia untuk mengantarkan makanan berbuka puasa ke masjid. Ini bisa menjadi hal yang menyenangkan karena dia dapat bertemu dengan anak-anak seusianya, yang juga menjalankan ibadah puasa dan akan berbuka puasa bersama di masjid.

Bersama-sama menikmati makanan berbuka puasa dengan teman-teman di masjid, juga bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuknya. Berbagi makanan dan bertenggang rasa saat mengambil makanan berbuka, merupakan pembelajaran untuk anak. Pada momen ini, secara tidak langsung, Ayah Bunda telah mengajarkan si kecil mengenai rasa peduli terhadap sesama.

Peduli terhadap sesama bisa juga dilakukan dengan cara pembayaran zakat fitrah. Ayah Bunda bisa mengajarkan si Kecil bahwa zakat fitrah wajib dilaksanakan umat Muslim dan merupakan salah satu cara berbagi untuk kalangan tidak mampu. Di sini, Bunda bisa mengajak ia mengantarkan zakat dan melihat proses pemberian zakat di masjid.

Dengan berbagi makanan dan zata, Ayah Bunda dapat menjelaskan kepada anak jika memberi lebih baik dari menerima. Sehingga ia bisa tumbuh menjadi anak yang peka dengan orang di sekitarnya, dan tidak segan untuk menolong orang lain.